Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Optimasi SEO Off Page Dilakukan Dengan Cara?

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

SEO off page dilakukan dengan cara optimasi website secara eksternal, sehingga cara ini lebih tertuju pada promosi konten. Tujuan dari promosi konten ini yaitu untuk memperoleh bakclink atau melakukan link building.

Lain dengan SEO on page yang melakukan proses optimasinya di halaman website itu sendiri atau secara internal. Perbedaan dari kedua cara tersebut menganggapnya sebagai pelengkap dalam proses optimasi website. Meskipun metode off page lebih kompleks dalam praktiknya.

Baca : Panduan Pemula SEO di Google

Optimasi SEO Off Page Dilakukan Dengan Cara Berikut!

1. Link Building

Link building yaitu sebuah teknik untuk memperoleh tautan dari situs lain menuju ke situs Anda atau backlink.

Pada cara ini, terdapat faktor utama yang harus Anda cermati, diantaranya:

  • Authority : Memperoleh backlink dari website yang memiliki otoritas domain tinggi dapat mendukung laman Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil penelusuran Google
  • Relevansi Topik : Keselarasan dari situs website yang memiliki topik sejalan dengan isi bisnis Anda.
  • Link Dofollow dan Nofollow : Terdapat dua jenis link saat membangun backlink yaitu bersifat dofollow, yang akan Google baca dan untuk menentukan peringkat dan page authority sebuah situs. Kemudian juga ada yang bersifat nofollow, artinya Google tidak akan memakainya untuk menilai suatu website.
  • Traffic : Jumlah volume kunjungan ke website, juga penting untuk Anda pertimbangkan saat melakukan link building, terutama bila Anda saling menukar dengan website lain. 

 2. Pemasaran Konten

Pemasaran konten yang dapat Anda jadikan sebagai teknik SEO Off Page yaitu membuat serta membagikan konten berkualitas dan menarik, mempublikasikan guest post, dan mempublish infografis.

3. Mempromosikan Website ke Media Sosial

Media sosial dapat Anda pakai untuk membagikan pemberitahuan atau memberikan notifikasi, setelah Anda baru saja merilis konten atau artikel baru pada website Anda. Bila memperoleh respon bagus, Google bisa menerima sinyal bahwa konten yang Anda publikasi sangat menarik bagi audiens Anda. 

4. Memanfaatkan Google Bisnisku

Berikutnya, Anda juga bisa menambahkan informasi bisnis Anda ke platform yang Google miliki yakni Google MyBusiness atau Google Bisnisku.

Demikian optimasi SEO Off Page dilakukan dengan cara berikut. Semoga cara tersebut bisa membantu untuk jumlah volume pengunjung website Anda. Anda ingin belajar lebih dalam tentang Optimasi SEO dan digital marketing? Mari bergabung bersama kami di Campus Digital.


Hubungi Kami