Syifa Dhia Arina

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #website

Pekerjaan Content Writer Ngapain Aja sih?

2 tahun yang lalu - By Syifa Dhia Arina

Pekerjaan Content Writer Ngapain Aja sih?

Banyaknya informasi serta konten yang dapat kita akses melalui media tidak lepas dari adanya pekerjaan content writer. Era yang serba digital seperti sekarang memudahkan kita mencari berbagai informasi serta konten dengan cara tetap terkoneksi dengan jaringan internet. Semua informasi yang kita dapatkan dari media digital tersebut merupakan salah satu peran dari seorang content writer. Tulisan ini akan membahas bagaimana seorang content writer bekerja dalam perusahaan. So, stay tune dan fokus dulu ya!

Apa Itu Content Writer?

Content writer merupakan penulis profesional yang memproduksi berbagai konten menarik seperti blog, artikel, postingan media sosial dan lainnya dengan basis online. Content writer tidak hanya menulis konten menarik saja, mereka juga bertanggung jawab dalam memastikan keselarasan tulisan, website dan gambar yang ada pada sebuah tulisan. Selain itu, mereka juga harus menggunakan strategi khusus dalam menulis konten seperti melihat minat konten audiens dan topik apa yang sedang hangat. Seorang content writer wajib melakukan hal yang satu ini agar tulisan mereka dapat mencapai target tertentu.

Baca juga Gak Nyangka, Ternyata Seperti Ini Cara Membuat Judul Konten

Tugas dalam Perusahaan

Dalam suatu perusahaan, content writer memiliki berbagai tugas penting untuk mendukung kemajuan perusahaan terkait, yaitu:

  • Mengelola konten website perusahaan. Content writer menulis serta melakukan update artikel berupa publikasi secara rutin di website perusahaan terkait.
  • Membuat deskripsi produk. Seorang content writer wajib mengisi deskripsi produk perusahaan yang nantinya akan terlihat pada website mereka.
  • Mengelola konten media sosial perusahaan. Selain bertugas mengelola website perusahaan, mereka juga bertugas membantu Social Media Specialist untuk mengelola konten media sosial perusahaan terkait.
  • Melakukan riset sebelum menulis artikel atau konten. Content writer melakukan riset terkait hal apa saja yang sedang trend dan menjadi minat para pembaca. Hasil riset ini nantinya akan menjadi acuan dalam menulis artikel agar mendapat banyak pembaca yang sesuai dengan target audiens.

Ternyata banyak juga ya tugas content writer dalam sebuah perusahaan. Mereka dituntut untuk selalu kreatif dan siap mencari berbagai konten yang fresh serta harus relevan, baik dengan website maupun media sosial perusahaannya.

Tanggung Jawab Content Writer

Selain menulis, seorang content writer juga memiliki beberapa tanggung jawab seperti:

  • Membangun branding pada suatu perusahaan. Berbagai tulisan yang sudah dipublikasikan pada website perusahaan mampu meningkatkan baik awareness maupun kepercayaan publik pada perusahaan terkait.
  • Meningkatkan SEO website milik perusahaan. Hal ini menjadi tuntutan bagi seorang content writer agar mengetahui teknik SEO dalam menulis artikel untuk website perusahaan.
  • Mengawasi statistik artikel pada website perusahaan. Ini bertujuan agar mereka sebagai content writer mampu memperbaiki performa artikel dan bisa memproduksi artikel yang lebih baik lagi kedepannya.

Gimana? Apa kamu tertarik menjadi content writer dalam suatu perusahaan? Buat kamu yang tertarik menjadi content writer dalam perusahaan tentunya harus menguasai banyak skill yang relevan, terutama skill menulis menggunakan teknik SEO. Kamu bisa mengikuti kursus online di Campus Digital untuk belajar menulis dengan teknik SEO bersama mentor yang handal dibidangnya. Yuk, daftar di sini campusdigital.id sekarang juga!

Hubungi Kami