Yunita Riski

Kontributor

2 tahun yang lalu


#trik & tips #marketplace #wabsite

Pemasaran B2B Melalui TikTok? Mengapa Tidak

2 tahun yang lalu - By Yunita Riski

[caption id="attachment_8988" align="alignnone" width="300"] Pemasaran Melalui TikTok[/caption]

Campus Digital - Banyaknya jumlah pengguna aktif TikTok di tahun 2021 ini membuat eksistensi sosial media ini semakin naik daun. Keadaan ini membuat segelintir pemasar mulai berekspansi menggunakan TikTok sebagai media pemasar mereka. Nyatanya pemasaran di TikTok tidak hanya memiliki manfaat untuk para pemasar dengan model bisnis B2C, platform ini juga bisa membantu untuk memasarkan produk B2B. Lalu bagaimana caranya? Mari simak penjelasan berikut.

Melakukan Pemasaran B2B Melalui TikTok

Interaktif

Seperti media sosial pada umumnya yang berguna untuk menyatukan banyak orang, TikTok juga berguna untuk menyatukan audiens dari konten video Anda. Anda dapat menyatukan audiens Anda dengan memanfaatkan tagar atau hashtag video Anda dan menjalin interaksi yang baik melalui fitur komentar.

Dengan memanfaatkan hashtag dalam konten video Anda, Anda bisa sekaligus membuat kampanye yang bertujuan untuk mengajak audiens Anda turut melakukan atau merespons apa yang ada dalam konten video Anda.

Contohnya Anda membuat kampanye dengan mencantumkan hashtag buatan Anda #yangmudayangberwirausaha. Tujuan kampanye tersebut adalah mengajak kolaborasi para pengusaha muda untuk turut menggunakan produk Anda. Dengan begitu Anda akan menemukan audiens Anda dan ajak mereka untuk berinteraksi melalui fitur komentar ataupun stitch video.

Kampanye ini dapat membantu meningkatkan brand awareness dengan memperkenalkan nama Anda sekaligus mendorong viewers untuk mencari tahu lebih banyak mengenai Anda dan produk Anda.

Baca juga Konten TikTok Bisa Viral? Yuk Simak Tipsnya

Menunjukkan Sisi Humor dan Menyenangkan

Kadang kala, pemasaran B2B mendapat citra "membosankan" di mata orang lain karena cenderung kaku dan serius. Padahal tidak semuanya seperti itu bahkan harusnya tidak begitu.

Sebagai platform sosial media yang banyak digunakan oleh generasi z, para pemasar tentunya harus menyesuaikan konsep pemasaran yang cocok dengan target pasarnya. Anda sebagai pemasar bisa membuat konsep pemasaran yang mengangkat sisi humor dan menyenangkan dalam konten TikTok Anda.

Pemasaran yang menyenangkan tentunya akan menarik para generasi Z yang menjadi target pasar B2B Anda. Membawa sisi menyenangkan perusahaan Anda dalam konten TikTok juga dapat meningkatkan citra publik dan membantu Anda lebih menonjol dibandingkan dengan pesaing.

Edukasi Target Market B2B Anda

Dalam pemasaran B2B, penting bagi Anda untuk dapat mengenalkan manfaat dan kepentingan produk Anda bagi target pasar B2B Anda. Selain membuat konten TikTok yang menyenangkan, jangan lupakan bahwa konten Anda juga perlu memberikan informasi produk Anda. Melalui hal ini, Anda juga dapat menurunkan konten Anda menjadi artikel atau publikasi blog yang penting bagi pemasaran B2B.

Manfaat yang dapat Anda rasakan dari upaya ini adalah

  1. Anda telah meneliti dan membuat konten yang kalian tahu akan bernilai bagi audiens Anda.
  2. Metode ini dapat menambahkan sumber tambahan atas prospek potensial ke sales funnel Anda.

Dengan menjadikan saran atau panduan menjadi tips, Anda telah menunjukkan keahlian dalam kepemimpinan dan pemikiran bisnis, yang secara tidak langsung menjual layanan atau produk Anda.

Tertarik untuk memanfaatkan TikTok sebagai media pemasaran bisnismu? Campus Digital punya berbagai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan digital marketing termasuk cara terjun ke TikTok, sehingga konsumen dapat mengenal produkmu. Tunggu apa lagi? Ayo bergabung bersama kami!

 

Hubungi Kami