Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Kontributor

3 tahun yang lalu


#tips&trik #marketplace #wabsite

Penerapan AIDA: Rumus Ampuh Untuk Penjualan

3 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Rumus AIDA

Pernahkah anda bertanya tanya kenapa bisnis anda tidak maju maju? apakah anda sudah mempromosikan bisnis anda dengan benar? apakah anda tahu bagaimana mempromosikan bisnis dengan baik dan benar? Jawaban dari permasalahan anda adalah AIDA.

 

Apa itu AIDA? dalam artikel ini anda bisa memahami apa itu AIDA dan menerapkannya pada bisnis anda


Pertama tama anda harus mengetahui apa itu AIDA. A adalah attention atau perhatian. I adalah interest atau menarik. D adalah desire atau keinginan dan yang terakhir A adalah action atau aksi. Kesimpulannya AIDA adalah salah satu strategi pemasaran yang ampuh untuk menarik pelanggan melalui step step yang dijelaskan diatas.

baca juga tentang strategi pemasaran disini

 

Lalu, bagaimana anda dapat menerapkannya dalam bisnis anda?

Menerapkan AIDA pada bisnis anda

 

Attention

Pertama-tama anda harus menarik perhatian calon konsumen, anda harus menarik perhatian agar mereka tahu tentang bisnis anda. Penerapannya adalah membuat konten yang dapat menarik perhatian mereka, seperti, membuat judul judul yang menarik, gambar dan juga paragraf pertama yang menarik.

Contoh:

Anda ingin menjual produk brightening atau whitening kulit untuk remaja indonesia, begini kira kira kalimatnya:

 

“Lelah dengan kulit kusam kamu? segala macam cara sudah kamu lakukan tapi tidak ada yang berhasil? Coba produk kami!”

 

Interest

Kedua ketika anda sudah mendapat perhatian pelanggan, anda harus memastikan target pelanggan anda dan memahami masalah mereka. Hal ini akan menarik perhatian mereka. Anda bisa memberi statistic atau informasi dan alasan mengapa mereka harus membeli produk dari brand anda

Contoh:

Menjual produk brightening atau whitening kulit untuk remaja Indonesia:

Coba produk kami!

“…. Dan lihat hasilnya dalam 14 hari”

“Kulit anda akan cerah merona dan menarik perhatian!”

Desire

Ketiga, setelah calon konsumen anda tertarik dan mengetahui masalah yang mereka hadapi, produk anda harus menjadi solusi untuk masalah calon konsumen anda. Buatlah calon pembeli menginginkan produk anda.

contoh:

Jelaskan manfaat dari produk anda.

"mengandung bengkoang yang dipercaya dapat memutihkan dan mencerahkan kulit"

4. Action

Terakhir, buatlah kalimat ajakan yang mengarahkan calon konsumen untuk melakukan sesuatu

contoh:

"Swipe up untuk memesan produk!"

Kesimpulannya AIDA adalah salah satu dari banyak cara untuk mempromosikan produk anda. jika ingin belajar lebih lanjut tentang digital marketing, yuk menjadi bagian dari kami di Campus Digital

 

Hubungi Kami