Pandan Ayu

Kontributor

7 bulan yang lalu


#website #authoritysite

Pengertian Authority Site

7 bulan yang lalu - By Pandan Ayu

Apabila kamu adalah seorang yang baru belajar mengenai dunia website, mungkin kamu masih bingung mengenai pengertian authority site itu apa.

Jadi, authority site atau situs otoritas ialah sebuah website berkualitas tinggi. Authority site merupakan situs berbasis blog yang menyuguhkan informasi yang berfungsi untuk membagikan ilmu dan pengetahuan bagi pengunjungnya. Informasi yang tersaji berasal dari sumber terpercaya. Selain itu, situs otoritas juga memiliki backlink yang terpercaya.

Seperti situs-situs pada umumnya, kita bisa menerapkan monetisasi pada situs otoritas. Tetapi ingat, konten yang tersaji harus focus pada apa yang pengunjung butuhkan atau harapkan. Itulah mengapa biasanya situ sini hanya berisi satu topic yang spesifik dengan pembahasan yang rinci.

Model Authority Site

Sekarang kita telah mengetahui pengertian authority site. Selanjutnya, kita akan membahas bagaimana pengembangan dan pengelolaan authority site. Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Berkenlan dengan Domain Auhtority

Bangun Auhtority Site yang Berkualitas 

Buatlah website atau blog semampu kalian. Tulis atau sajikan konten-konten yang memang kalian kuasai dan sukai.

Jangan dulu terlalu memusingkan soal domain, plugin, dan hal-hal lainnya. Yang terpenting adalah kalian harus membuat website-nya terlebih dahulu. Cobalah menggunakan fasilitas website gratis seperti blogspot, blogger, WordPress, Tumblr, dan lain-lain.

Kalian juga harus memastikan situs yang kalian buat dapat memberikan manfaat bagi pengunjung atau pembaca. Jadi, bukan hanya memberikan iming-iming atau hiburan saja.

Datangkan Pengunjung

Dengan membangun authority site yang berkualitas, pengunjung (trafik) akan berdatangan. Kepercayaan dan kepuasan pengunjung pun bisa kalian dapatkan.

Untuk memperoleh hal ini, kalian dapat focus mendatangkan trafik dari dua sumber utama. Pertama, trafik organic dan kedua trafik rujukan.

Trafik organik atau natural adalah pengunjung yang datang sendiri dari mesin pencari. Untuk mendapatkan banyak trafik organic, kalian harus mengoptimasi website dengan SEO sebaik mungkin. Dengan begitu, website kalian bisa memperoleh peringkat tinggi di halaman mesin pencari. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan website atau konten kalian.

Baca Juga: SEO On Page: Pengertian dan Tekniknya

Apabila trafik organic berasal dari mesin pencari, maka trafik rujukan atau referral berasal dari website atau situs lain. Misalnya, kalian menautkan link website di media sosial pribadi atau blog kalian yang lain. Pengunjung yang membuka link tersebut dinamakan trafik rujukan.

Konsisten Membangun Auhority Site

Jangan berhenti atau cepat puas setelah websitemu jadi. Teruslah membangun website. Temukan apa yang sekiranya bisa dikembangkan dari website kalian.

Untuk memudahkah proses ini, cobalah untuk memposisikan diri sebagai pengunjung. Cari bagian mana saja kurang memuaskan dan yang mungkin butuh perbaikan. Kalian juga bisa meminta pendapat orang lain.

Dan yang paling penting adalah kalian harus bisa membedakan antara blog pribadi dengan situs otoritas. Authority site dibangun dan dikembangan secara berkala demi kepuasan pengunjung, bukan kepuasan pribadi. 

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian authority site dan cara membangunnya. Ingat dua kunci utama ini agar sukses membangun authority site. Pertama, website yang sesuai dengan harapan dan keinginan pengunjung. Kedua, website yang selalu up to date.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian. Apabila kalian masih ingin tahu lebih lanjut mengenai topic ini, cobalah ikuti program dari Campus Digital.

Tidak hanya belajar tentang authority site, kalian juga bisa mendapatkan hal-hal berharga lainnya!

Hubungi Kami