Syifa Dhia Arina

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite #trik & tips

Profesi Digital Marketer? Ngapain Aja?

2 tahun yang lalu - By Syifa Dhia Arina

 

Profesi Digital Marketer

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat adanya perubahan dalam dunia pekerjaan salah satunya dunia marketing. Saat ini, dunia marketing sudah beralih ke dunia digital marketing di mana adanya platform digital mendukung pemasaran yang dulunya berlangsung secara konvensional menjadi digital. Orang-orang yang berkecimpung dalam dunia digital marketing biasa kita sebut sebagai digital marketer. Apa sih profesi digital marketer itu? Nah, buat kamu yang tertarik untuk mengenal profesi digital marketer, simak artikel ini ya!

Deskripsi Profesi Digital Marketer

Digital marketer adalah sebutan bagi mereka yang bekerja menjadi staf dalam bidang pemasaran yang menggunakan platform digital atau biasa kita kenal dengan sebutan digital marketing. Seorang digital marketer bertanggung jawab terkait dengan branding produk-produk milik perusahaan tempat mereka bekerja. Digital marketer memaksimalkan penggunaan platform digital seperti website, e-mail, serta media sosial milik perusahaan, baik untuk membangun brand awareness maupun berkomunikasi dengan para konsumen.

Seorang digital marketer harus menguasai berbagai teknik pemasaran digital seperti e-mail marketing, search engine optimization (SEO), content marketing, search engine marketing (SEM), social media ads, video marketing serta menguasai media sosial untuk sarana pemasaran. Digital marketer juga harus mampu menyasar target iklan mereka dengan tepat serta memanfaat data yang ada dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan pengembangan penjualan.

Baca juga pentingnya personalisasi pemasaran

Peran dan Tanggung Jawab

Digital marketer mempunyai peran dan tanggung jawab yang pastinya sangat berdampak terhadap kemajuan perusahaan tempat mereka bernaung. Berbagai peran serta tanggung jawab seorang digital marketer yaitu:

  • Bertanggung jawab terkait dengan hal baik pemasaran maupun branding berbagai produk milik perusahaan terkait untuk masyarakat secara digital.
  • Merencanakan kegiatan promosi produk yang sudah melalui proses produksi menggunakan platform atau channel digital.
  • Menyusun konsep campaign marketing untuk berbagai channel digital milik perusahaan.
  • Menyusun serta merancang distribusi campaign marketing untuk berbagai platform media sosial yang milik perusahaan.
  • Memelihara serta menaikkan engagement pelanggan produk perusahaan terkait menggunakan berbagai konten melalui media sosial.
  • Mengoptimasi juga meningkatkan peringkat web page perusahaan serta produk yang sudah ada pada search engine.

Wah, ternyata seorang digital marketer memiliki kontribusi yang sangat besar untuk perusahaan tempat mereka bekerja ya! Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang digital marketer yang handal tapi bingung harus mulai dari mana? Tenang, Campus Digital siap mengajarkan berbagai skill yang kamu butuhkan sebagai calon digital marketer secara online di mana saja dan kapan saja. Info selengkapnya di sini!

Hubungi Kami