Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

4 tahun yang lalu


Pentingnya Personalisasi Pemasaran

4 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Memberikan pengalaman secara personal bagi para pelanggan akan membuat mereka merasa senang dan akan dihargai oleh kita sebagai pelaku bisnis yang menawarkan produk ataupun jasa kepada mereka. Dalam dunia pemasaran hal ini biasa disebut personalisasi pemasaran. Personalisasi pemasaran sendiri merupakan strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan relevansi dan keterlibatan pelanggan sehingga mendorong kepercayaan dan penjualan.

Baca Juga Digital Marketing: Cara Membuat Blog Bisnis

Dalam konsep personalisasi pemasaran setiap pelanggan dianggap sebagai individu yang unik sehingga pemilik bisnis memandang pelanggan secara personal ketika akan menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk mereka. Dengan personalisasi pemasaran, setiap pelanggan akan merasa diistimewakan sehingga mendoromg mereka untuk loyal dan melakukan transaksi penjualan. Pentingnya personalisasi pemasaran dalam strategi pemasaran bisa anda baca sebagai berikut :

Efektif menargetkan segmen tertentu

Personalisasi pemasaran menggunakan riset dengan mengumpulkan data pelanggan secara mendalam baik melalui survei,studi, maupun memanfaatkan kampanye mereka melalui email ataupun sosial media yang mereka miliki. Dengan hal tersebut maka pelaku bisnis akan mengetahui preferensi apa yang menjadi kesukaan dari audien mereka dan memanfaatkannya untuk mengelola strategi yang tepat agar bisa menyentuh personal dari setiap pelanggan yang menjadi target segmen pemasaran para pelaku bisnis.

Membuat konten yang lebih baik

Karena menggunakan by data yang menjadi preferensi kesukaan mereka, maka hal itu akan memudahkan pelaku bisnis membuat konten yang menarik buat pelanggan mereka. Misal data yang sudah didapatkan menyebutkan bahwa preferensi kesukaan mereka adalah musik kpop, maka konten yang dibuat akan menarik mereka. Seperti marketplace yang berlomba-lomba menggaet bintang kpop sebagai brand ambassador mereka.

Membangun hubungan kuat dengan pelanggan

Kunci kesuksesan jangka panjang suatu bisnis adalah kemampuan dalam membangun dan menjaga hubungan yang baik dan kuat dengan pelanggan. Tidak dapat dipungkiri bahwa pelanggan merupakan asset yang sangat berharga. Karena merekalah yang menentukan seberapa lama dan berkembang suatu bisnis. Kamu dapat menunjukan kepedulian kepada pelanggan baik ucapan terima kasih, selamat ulang tahun, maupun menyapa mereka dengan ramah dan fast respon ketika terjadi keluhan dari para pelanggan.

Memberikan rekomendasi yang lebih baik bagi pelanggan

Dengan mengetahui pregferensi kesukaan para pelanggan, anda dapat memberikan berbagai macam alternative rekomendasi yang menarik buat mereka. Menawarkan produk yang benar-benar mereka butuhkan. Sampai endingnya adalah bisnis anda menjadi patokan mereka dalam mencari barang ataupun jasa yang mereka butuhkan.

Memberikan pengalaman bersifat pribadi bagi pelanggan

Pengalaman akan memberikan preferensi produk ataupun jasa bagi pelanggan, dan akan membuat mereka juga akan merekomendasikan produk ataupun jasa anda ke teman-teman mereka. Menunjukan identitas bisnis anda akan memberikan pengalaman yang bersifat pribadi mereka. Ditambah dengan segala bentuk perhatian yang anda berikan kepada pelanggan tentu akan membuat pelanggan anda menjadi lebih loyal lagi.

Jika kamu tertarik untuk membuat blog bisnis profesional, kamu bisa mengikuti kursus di Campus Digital.


Hubungi Kami