Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Rekomendasi Hosting Terbaik Indonesia 2022

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Bagi Anda yang baru belajar web, pertanyaan bermunculan bagaimana web kita dapat di akses oleh orang lain? Untuk web dapat di akses oleh orang lain, Anda membutuhkan yang namanya domain dan hosting. Lantas, apa saja hosting terbaik saat ini? Anda tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan memberikan rekomendasi hosting terbaik Indonesia 2022.

Banyak platform yang menyediakan hosting gratis. Tetapi, ada banyak kekurangan bila menggunakan web hosting gratis. Sehingga penggunaannya tidak merekomendasikan untuk jangka panjang. Namun bila Anda hanya ingin mencoba hosting ini sebagai wadah untuk belajar, tidak ada salahnya menggunakan layanan gratis.

Web hosting yaitu perangkat komputer yang terhubung dengan layanan internet dan berfungsi untuk menyimpan data-data website. Untuk nantinya dapat di akses oleh siapa saja secara online.

Ketika Anda mendaftar dan membeli di suatu layanan penyedia server hosting, pada dasarnya Anda meminjam space penyimpanan pada server tertentu. Pada space penyimpanan itu Anda akan menyimpan semua file dan resource data yang situs web butuhkan, untuk bisa berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Hosting Gratis

5 Rekomendasi Web Hosting Gratis Terbaik Indonesia 2022

1. PHP.id

Pertama ada PHP.id. Layanan web hosting gratis yang asalnya dari Indonesia. Layanan ini menyediakan hosting gratis untuk bisa di manfaatkan bagi seluruh kalangan di Indonesia, mulai dari pelajar, mahasiswa, pebisnis dan lapisan masyarakat lainnya.

PHP.id menyediakan spesifikasi pada layanan gratis sebagai berikut:

  • Hosting: Gratis selamanya
  • Storage: 300MB Disk Space
  • Bandwidth: 1GB 
  • Domains: 1 subdomains, 0 addon domains,
  • Email Accounts: 1 email akun
  • Upload Methods: FTP
  • Scripting Support: PHP
  • Database Support: MySQL
  • Control Panel: cPanel

2. Infinity Free

Selanjutnya Infinity Free yang merupakan penyedia layanan Web hosting gratis maupun berbayar. Beberapa fitur yang tersedia diantaranya, Bandwidth tidak memiliki batasan, sepenuhnya gratis, dan jarang sekali down server nya. Layanan ini juga menawarkan lebih dari 400 database MySQL, keamanan sertifikat SSL gratis, subdomain gratis dengan berbagai ekstensi dan PHP7.3+ untuk kinerja pemuatan yang lancar.

Sayangnya, layanan ini masih terdapat kekurangan yang beberapa penggua rasakan, adalah permasalahan dengan TOS yang ambigu pada beberapa kasus, bisa terjadinya suspend sepihak oleh pihak infinityfree.net.                

3. Github

Selanjutnya ada Github Pages yaitu layanan hosting website gratis untuk projek website. Seluruh file website akan di hosting pada GitHub, berarti untuk bisa melakukan perubahan Anda dapat melakukannya dari desktop melalui perintah atau command git atau melalui github.

Kekurangan dari layanan ini yaitu, hanya bisa di gunakan untuk website yang bersifat statis. Website statis yaitu website yang bersifat satu arah, artnya menginformasikan sesuatu ke pengunjung, tidak punya fitur untuk menerima feedback dari pengunjung website kecuali dengan memanfaatkan layanan dari pihak ketiga. 

4. Free Hosting

Selanjutnya yang keempat ada Free Hosting, salah satu penyedia layanan web hosting gratis terbaik yang cukup populer di kalangan progammer.

Free Hosting menawarkan beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan diantaranya:

  • Storage: 10 GB,
  • Bandwidth: unlimited,
  • Installer script: otomatis, sehingga dapat menghemat waktu instalasi CMS seperti Joomla dan WordPress
  • Web builder: gratis,
  • Email Accounts: 1 email akun

Anda perlu mengingat bahwa pada saat menggunakan Free Hosting sebagai layanan hosting website Anda, Hindari pelanggaran kebijakannya, karena mereka sering menghapus website tanpa memberikan peringatan kepada penggunanya. Web yang telah Anda bangun dengan keras, bisa hilang begitu saja bila Anda melakukan pelanggaran kebijakanya.

Kekurangan dari layanan ini yaitu tidak tersedia nya domain gratis dan koneksi server yang kurang.

5. 000 Webhost

Kemudian penyedia layanan hosting yang terakhir adalah 000 Webhost. Mungkin bagi Anda seorang web developer atau web programmer di indonesia, sudah tidak asing dengan penyedia layanan satu ini.

000 Webhost memiliki kelebihan yaitu web hosting gratis dengan PHP, cPanel, MySQL, gratis domain dan tanpa iklan. 000 Webhost menggunakan bahasa indonesia, sehingga memudahkan saat melakukan pendaftaran. Pada layanann ini, Anda juga bisa mengupgrade ke paket web hosting berbayar di Hostinger.

Web hosting ini juga memiliki kekurangan yaitu akses koneksi internet bandwidth yang lambat, sehingga juga mengakibatkan loading pada kecepatan website.

Demikian rekomendasi hosting terbaik indonesia 2022, semoga dapat membantu Anda untuk mengembangkan website. Bila Anda ingin belajar lebih jauh tentang web development atau web design, Yuk gabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami