Farah Salsabil

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Riset Kata Kunci Instagram Manual dan Instan

2 tahun yang lalu - By Farah Salsabil

Apabila kamu ingin konten promosi kamu di Instagram menjangkau ratusan ribu orang dan engagement Instagram meningkat, kamu bisa mengoptimalkan postingan dengan riset kata kunci Instagram dengan riset hashtag. Hashtag atau tagar menjadi salah satu komponen yang bermanfaat untuk memperoleh lebih banyak followers dan engagement Instagram. Karena dengan hashtag, jangkauan postingan akan tersebar lebih luas. Tapi, perlu kamu ketahui bahwa penggunaan hashtag pada konten sebaiknya tidak kamu gunakan secara sembarangan. Kamu harus riset terlebih dahulu agar konten kamu tepat sasaran dan engagement-nya meningkat. Percuma apabila konten menjangkau banyak audiens tetapi tidak tepat pada target sasaran sehingga banyak orang yang tidak tergerak untuk menyukai atau klik like bahkan komen karena memang tidak menyukainya.

Kata dalam hashtag secara otomatis menjadi keyword atau kata kunci. Nantinya, hashtag ini akan muncul di hasil pencarian saat ada pengguna Instagram yang memasukkan kata kunci yang berkaitan di mesin pencarian Instagram. Kamu bisa riset hashtag dengan cara-cara manual maupun menggunakan tools riset. Nah, bagaimana cara riset hashtag Instagram ? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga Instagram Ads : Mengenal dan Memahami Instagram Ads

Riset Hashtag Instagram secara Manual

Mulai brainstorming keyword

Pertama, kamu perlu membuat list yang berisi keyword atau kata kunci yang berkaitan dengan konten yang di-posting. Kamu bisa melakukan brainstorming dengan cara menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

  1. Konten apa yang akan kamu posting?
  2. Produk atau jasa apa yang akan kamu tawarkan?
  3. Bagaimana momen yang ada dalam konten tersebut?
  4. Apa manfaat dari produk atau jasa yang kamu tawarkan?
  5. Di mana lokasi atau tempatnya?
  6. Siapa yang akan menjadu target audiens-nya?, dan sebagainya.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat mempermudah kamu untuk menemukan follower yang sesuai dan memiliki ketertarikan yang sama dengan konten yang di-post.

Cek di fitur pencarian instagram

Setelah list atau daftarnya sudah selesai dibuat, silakan kamu cek hashtag tersebut di fitur pencarian Instagram. Tujuannya untuk mengetahui apakah hashtag-nya sudah pernah dibuat atau belum di fitur pencarian. Berikut beberapa langkahnya:

  1. Masukkan keyword yang sesuai dengan konten kamu di halaman pencarian IG.
  2. Klik menu Tags.
  3. Catat tags hingga belasan atau puluhan tags yang berhubungan dan menarik.
  4. Eksplorasi hasil pencarian dengan mencari hashtag turunannya.
  5. Jangan lupa kamu klik Accounts untuk mencari tahu pengguna lain yang menggunakan tagar tersebut. Akan lebih baik lagi apabila kamu mencatat akun-akun influencer yang mengikuti hashtag ini.

Hashtag yang sering dipakai dan difollow oleh selebgram

Kamu juga bisa menggunakan hashrag yang sering selebgram pakai ataupun follow. Lihatlah bagian following selebgram dan bagian caption dari postingan selebgram untuk mengetahui hashtag apa yang digunakannya. Cara mengetahui hashtag yang sering selebgram gunakan memang tidak bisa kita hitung secara matematis. Kita hanya bisa mengira-ngira tanpa tahu angka eksak jumlah pencarian di mesin pencarian instagram.

Riset hashtag dengan top post

Instagram memiliki top post yang akan muncul ketika memasukkan hashtag tertentu. Top post ini berisikan konten yang disarankan oleh Instagram karena dinilai memiliki kualitas yang baik. Kamu bisa cek salah satu postingan top post untuk mencari tahu hashtag apa yang mereka gunakan sehingga nantinya Instagram mau merekomendasikannya.

Riset hashtag instagram menggunakan tools

Selain dengan cara manual, kamu juga bisa menggunakan tools riset untuk mencari hashtag yang sesuai. Ini cocok untuk kamu yang tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan riset hashtag. Banyak sekali tools riset yang dapat kamu gunakan baik secara gratis maupun berbayar, diantaranya adalah Talkwalker, Hashtagify, All Hashtag, Webstagram, dan sebagainya.

Demikian informasi mengenai cara riset kata kunci instagram yang bisa kamu coba. Kamu bisa melakukannya salah satu atau dengan mengombinasikan beberapa cara di atas. Semoga bermanfaat!Artikel lainnya bisa kunjung web Campus Digital

Hubungi Kami