Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Sales dan Marketing. Pengertian dan Perbedaannya!

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Sales dan marketing merupakan dua peran fungsi terpisah yang harus terus di selaraskan dan di integrasikan untuk memaksimalkan hasil bagi organisasi.

Meskipun "sales dan marketing” merupakan hal yang biasa Anda dengar dalam bisnis, tidak sedikit juga yang mengalami kesulitan untuk membedakan keduanya. Atau, mereka mengalami kesulitan menentukan kapan aktivitas sales di mulai dan marketing berakhir (dan sebaliknya).

Meskipun terlihat serupa, kedua peran ini merupakan hal berbeda yang akan kita bahas secara lengkap melalui artikel di bawah ini.

Pengertian Sales dan Marketing

Menurut Philip Kotler, Profesor di Kellogg School of Management, Northwestern University, maketing merupakan sistem kegiatan yang di rancang untuk menentukan harga, menempatkan (mendistribusikan) dan mempromosikan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan dan keinginan target pelanggan / pasar untuk mencapai tujuan bisnis.

Kotler menggambarkan sales sebagai proses membujuk pelanggan untuk membeli produk atau layanan perusahaan. Dalam arti sempit, penjualan dapat dianggap sebagai bagian dari promosi dalam empat P (product, price, place dan promotion).

Berikut adalah tiga versi yang lebih sederhana:

  • Marketing mendorong permintaan untuk produk atau layanan. Sedangkan sales memenuhi permintaan dan menciptakan hubungan.
  • Marketing terlibat dalam mendapatkan pelanggan ke produk atau layanan. Sales terlibat dalam pengiriman produk atau layanan kepada pelanggan.
  • Marketing merupakan aktivitas dari pembukaan. Sales merupakan kegiatan penutupan.

Baca Juga : Branding atau Marketing Dulu?

Perbedaan Sales dan Marketing:

1. Target

Tujuan akhir dari kedua peran ini yaitu untuk meningkatkan pendapatan perusahaan secara maksimal. Namun, mari kita coba mengerti target sales dan marketing secara berbeda.

Dalam marketing target utamanya yaitu mempromosikan produk dan layanan perusahaan dalam sejumlah cara yang memikat.

Tujuan utama marketing yaitu meningkatkan jangkauan bisnis ke berbagai pelanggan dan kemudian mempertimbangkan semua faktor untuk mempengaruhi mereka dan mengarahkan mereka untuk membeli produk dan layanan Anda.

Dalam kegiatan sales, mempunyai target utama yaitu mengarahkan calon konsumen atau prosepek ke pembelian. Di sini kita membahas tentang tujuan jangka pendek; bulanan / mingguan dan sebagainya.

Tugas mereka yaitu mengukur kuantitas yang harus dijual mereka dalam hal mencapai target yang d itentukan dan di sepakati.

2. Proses

Rencana dasar kedua peran ini yaitu untuk menguntungkan dan membuat perusahaan lebih profitable.

Marketing berkaitan tentang produk, harga produk, di mana produk itu akan dijual dan kepada siapa produk itu akan dijual.

Sementara tim sales menetapkan tujuannya dan menjelaskan rencana untuk seluruh proses. Setelah itu, campaign di mulai yang menargetkan audiens dengan cara yang berbeda.

Rencana tim sales berkaitan tentang proses yang terjadi dalam penjualan, tentang struktur tim mereka, pasar mereka dan target penjualan yang di tetapkan. Selanjutnya mereka menganalisis rencana untuk benar-benar memenuhi target.

3. Sumber daya

Media sosial merupakan salah satu sumber daya utama yang tim sales ataupun tim marketing gunakan. Tim marketing menggunakannya untuk menarik audiens mereka, sedangkan Tim sales menggunakannya untuk strategi proses penjualan melalui media sosial mereka.

Database CRM atau Customer Relationship Management  adalah salah satu alat utama yang keduanya gunakan secara kolektif. Mereka menggunakannya untuk menjaga hubungan yang sehat dengan basis pelanggan mereka.

Alat yang digunakan dalam Sales:

  • Tools penjadwalan dan rapat.
  • Tools untuk menyiapkan faktur.
  • Tools untuk mengelola Email.
  • Tools persiapan dokumen.
  • Tools untuk mengelola pesanan mereka.

Alat yang digunakan dalam marketing:

  • SEO (Optimasi Mesin Pencari).
  • Tools untuk membuat konten.
  • Tools CRO (Conversion Rate Optimization).
  • Tools untuk mengelola proyek mereka.
  • Tools untuk menyiapkan laporan datanya.

4. Strategi

Tim Marketing bergantung pada jenis campaign yang akan mereka jalani dan siapa target pelanggan mereka. Strategi utama tim marketing yaitu diantaranya seperti internet marketing, blog marketing, sosial media marketing, SEO marketing dan sebagainya. Marketing menggunakan semua ini bersama-sama untuk menarik audiens untuk mengenalkan produk atau layanan mereka.

Strategi tim sales tergantung pada jenis industri, metode yang terlibat dalam penjualan, jenis produk, pasar dan sebagainya. Strategi utamanya adalah Solution Selling, SPIN Selling, SNAP Selling, N.E.A.T. Selling dan sebagainya.

Itu dia pengertian dan perbedaan antara marketing dan sales. Belajar lebih dalam terkait digital marketing di Campus Digital.

Hubungi Kami