Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#terupload #wabsite #seo #belajarseo #jenisseo #konsepdigitalmarketing

SEO Di Blogger: Cara Dasar Memunculkannya

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Menerapkan cara dasar SEO di Blogger dapat membantu blog kamu mudah terindeks oleh Google dan mendatangkan banyak pengunjung. Ada banyak teknik yang bisa kamu lakukan. Mungkin cara yang paling umum kalian dengan adalah dengan menggunakan meta tag, dan heading. Namun, pada artikel ini, kita akan membahas teknik-teknik lainnya.

Apa saja itu? Mari kita simak penjelasannya.

Cara Membuat SEO Di Blogger

1. XML Sitemap 

Buatlah XML Sitemap di Google Search Console (d/h Webmaster Tools). Sitemap merupakan file yang berisi daftar semua halaman penting dari suatu website. File XML Sitemap ini akan membantu crawler menemukan semua halaman di satu tempat. Artinya, bukan hanya alamat blog saja yang terdaftar di Google, tetapi juga semua konten blog, sehingga memudahkan dan mempercepat indexing dan crawling. Dengan membuat sitemap, ini akan semakin mempermudah mesin pencari terutama Google dalam mengindeks blog kita.

Blogger telah membuatkan Sitemap XML blog, kodenya yaitu sitemap.xml dan atom.xml. Tinggal daftarkan saja ke Google.

2. Link Building 

Link building adalah strategi membangun backlink atau backward link yang bertujuan untuk meningkatkan referral domain sebagai salah satu faktor penting yang berperan dalam naiknya peringkat suatu laman website pada mesin pencarian. Apabila kalian sering melihat tulisa “Baca Juga” pada suatu artikel seperti pada gambar di bawah, itulah internal link yang merupakan salah satu contoh link building.

Pada saat posting konten di blog, kalian bisa memasukkan minimal satu tautan internal link dan minimal satu tautan eksternal (link ke blog/web lain, external link). Selain itu, kalian juga bisa membangun link dengan mendaftarkan ke blog directory, blog walking, share ke media sosial, dan sebagainya.


Buat juga akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Linkedin, Pinterest, Instagram, Path, dll dan sertakan link blog kamu di profil.

3. Social Media 

Sebenarnya, membagikan link blog ke sosial media bukanlah teknik SEO. Tetapi, cara ini sangat ampuh untuk membantu mempromosikan blog. Dengan membagikan link blog ke akun sosial media kita apalagi jika followers yang dimiliki banyak, situs blog kita akan semakin banyak pengunjung.

Baca Juga: Instagram Ads: Mengenal dan Memahami Instagram Ads

Cara ini tidak wajib untuk kamu lakukan. Tapi, paling tidak buatlah satu page di Facebook atau Google Plus untuk share dan publikasi konten blog agar pengunjung blog kamu meluas.

4. Design Template Blogger yang Simple 

Umumnya, blogger pemula sangat suka menambahkan banyak animasi, gambar bergerak, atau flash dan splash. Padahal, sebetulnya hal itu hanya akan membuat pengunjung bingung bahkan pusing akibat terlalu banyak melihat kerlap-kerlip banner atau gambar animasi. Banyaknya gambar/animasi juga hanya akan memberatkan halaman blog, sehingga memakan waktu lama untuk loading.

Flash dan animasi memang bagus, namun sayangnya mesin pencari tidak terlalu “senang” dan mempedulikannya. Lebih baik, fokuslah pada isi konten dan buatlah tampilan blog yang tidak berlebihan namun tetap menarik.

Itu dia beberapa cara mengatur SEO di Blogger. Semoga artikel ini dapat membantu kalian. Tapi, jika kamu merasa artikel ini beluma menjawab pertanyaan kamu tentang SEO, kalian bisa daftar program di Campus Digital!

 

Hubungi Kami