Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite # #terupload #marketplace #konsepdigitalmarketing #jenisseo

SEO Off Page: Manfaat dan Cara Optimasi

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Kalian penasaran tidak sih tentang SEO Off Page, manfaatnya, serta cara optimasi SEO-nya? Kalau iya, artikel ini adalah jawabannya. Yuk kita bahas satu per satu.

Apa Itu SEO Off Page?

Jika mengambil pendapat dari Neil Patel, SEO Off Page memiliki definisi berupa upaya untuk memberi tahu Google (atau mesin pencari lain) mengenai pendapat orang lain tentang situs Anda.

Ada juga definisi dari MOZ yang menyatakan bahwa SEO Off Page merupakan tindakan dari luas situs web untuk memengaruhi peringkat Anda di dalam halaman hasil mesin pencari (SERP).

Manfaat SEO Off Page

Untuk mengetahui seberapa penting SEO Off Page, Moz telah melakukan survey terhadap lebih dari 150 pakar SEO dengan meminta pendapat mereka tentang faktor-faktor yang mempengaruhi SEO. Selain itu, tim di Moz, yang dipimpin oleh Dr. Matthew Peters, menjalankan studi korelasi untuk menentukan fitur situs web dan halaman web mana yang berkaitan dengan peringkat pencarian.

Studi tersebut berhasil menyimpulkan, bahwa SEO Off Page memberikan kontribusi lebih dari 50% dalam faktor peringkat. Artinya,SEO Off Page menjadi faktor yang sangat penting dan wajib untuk anda lakukan.

Cara Optimasi 

Berikut beberapa cara yang bisa kalian ikuti untuk mengoptimasi SEO Off Page.

Link Building

Saat ini, link building merupakan teknik yang tengah popular dan kebanyakan orang menganggap bahwa penggunaan link building dalam optimasi SEO off adalah yang paling efektif. Link building sendiri adalah proses untuk mendapatkan backlink dari website lain.

Kita harus memastikan bahwa backlink yang kalian gunakan berkualitas. Percuma jika website kalian menggunakan banyak backlink tetapi tidak berkualitas. Lebih baik menggunakan backlink yang sedikit tetapi berkualitas.

Sosial Media

Umumnya, orang-orang menggunakan sosial media untuk bersenang-senang dan keperluan pribadi saja. tetapi siapa sangka bahwa sosial media termasuk metode yang baik untuk meningkatkan traffic pengunjung?

Tidak salah lagi, kekuatan sosial media di zaman sekarang sangatlah besar. Hampir semua orang memiliki akun sosial media. Hal ini tentunya menjadi peluang yang sangat bagus untuk pengelola website dalam memanfaatkan besarnya jumlah pemiliki akun sosial media untuk menaikkan traffic.

Dengan melakukan promosi melalui jejaring sosial, besar kemungkinan website atau blog akan lebih sering dikunjungi. Apalagi jika akun sosial media kita memiliki jumlah pengikut yang banyak. Kita bisa mengarahkan pengikut atau followers akun sosial media kita untuk mengunjungi website hanya dengan mengklik profil anda.

SEO Lokal

Teknik SEO Lokal adalah metode yang cukup popular dan selalu mengalami peningkatan penggunaan karena dukungan koneksi internet yang cepat dan makin banyaknya pengguna smartphone. Local SEO ini sangat berbeda dengan SEO pada umumnya sebab SEO Lokal fokus untuk menyajikan hasil terkait lokasi penggunanya.

Kalian dapat menggunakan local SEO melalui Google Places for Business Page. Berdasarkan hasil riset pihak Google menyatakan sekurangnya 87% pengguna smartphone memanfaatkannya saat perjalanan. Kemudian 95% dari pengguna smartphone akan mencari informasi lokal dengan memanfaatkan aplikasi pada smartphonenya.

Brand Awareness

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa brand awareness atau pengenalan merek akan mempengaruhi perilaku konsumen. Umumnya, orang-orang lebih cenderung tertarik pada suatu produk yang sudah mereka tahu atau dengar sebelumnya.

Baca Juga: Brand Awareness: Pengertian dan Cara Menciptakannya!

Pertanyannya, apakah hal tersebut juga berlaku pada dunia SEO? Terkait hal ini, NobleStudios membeberkan fakta yang sangat menarik. NobleStudios menyatakan bahwa 82% orang akan memilih merek yang sudah mereka kenal dalam hasil pencarian, terlepas dari peringkat merek itu di dalam SERP.

Hal ini berarti, meskipun brand kalian hanya mendapat peringkat lima besar dalam pencarian, tetapi kalian tetap bisa mendapatkan lebih banyak klik daripada brand dengan peringkat pertama, apabila merek atau brand kalian lebih populer.

 

Itu dia beberapa cara dalam optimasi SEO Off Page. Semoga artikel ini bermanfaat. Apabila kalian ingin belajar lebih dalam soal SEO, kunjungi program Campus Digital saja!

 

Hubungi Kami