Kamilah Fihir Bawazir

Kontributor

2 bulan yang lalu


Sertifikasi digital marketing di Indonesia

2 bulan yang lalu - By Kamilah Fihir Bawazir

sertifikasi digital marketing di Indonesia

Sekarang ini, sertifikasi digital marketing Indonesia kian mengalami kemajuan. Banyak orang dari seluruh kalangan, baik yang tua maupun muda, mengikuti sertifikasi digital merketing. Hal ini karena sertifikasi digital marketing dapat menjadi bukti pendukung untuk meraih pekerjaan yang kita impikan. Kamu bisa mengikuti sertifikasi digital marketing yang ada di Indonesia, lho!. Berikut ini penjelasannya, baca artikel ini sampai tuntas ya!

3 Sertifikasi Digital Marketing di Indonesia

1. Sertifikasi Digital Marketing BNSP

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) adalah badan independen yang bertanggung jawab langsung terhadap Presiden. Badan ini mempunyai wewenang sebagai otoritas sertifikasi personil juga menerapkan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja. Segala hal tentang BNSP dan wewenangnya ini terdapat dalam Undang-Undang (UU) nomor 13 Tahun 2003 Pasal 18 ayat 5 mengenai Ketenagakerjaan.

Sertifikasi digital marketing dari BNSP merupakan salah satu sertifikasi yang diikuti oleh banyak khalayak umum karena keabsahannya paling kredibel. Terdapat sekitar 223 pemegang sertifikat digital marketing dari BNSP (sumber : laman website BNSP)

Sertifikasi ini tersedia mulai dari harga Rp Rp1.000.000,-. Modul yang tersedia lumayan lengkap, mulai dari cara membuat konten hingga pembahasan tentang influencer. Masa berlaku sertifikat BNSP adalah 3 tahun

2. Facebook Blueprint

Lalu, salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia adalah Facebook. Facebook memiliki sekitar 140 juta pengguna. Bagi para pebisnis online, facebook adalah sarana untuk mealakukan advertising (iklan) karena dapat menjangkau sasaran melalui perhitungan algoritma FB. Oleh karena itu, digital marketer yang kompeten membangun personal branding sangat diperlukan.

Salah satu cara menjadi seorang digital marketer yang profesional adalah mengikuti sertifikasi digital marketing Facebook Blueprint. Kamu bisa mendapatkan sertifikat dari 8 modul yang kamu pelajari, dengan ketentuan pembelajaran dalam modul tersebut harus kamu selesaikan dengan skor minimal 700. Sertifikasi ini mempunyai masa berlaku selama 1 tahun. Untuk mendapatkannya, kamu harus mengikuti pembelajaran dari modul kembali. Biaya sertifikasi rata-rata sekitar Rp2.200.000,.

Baca Juga Konsep dan Sejarah Digital Marketing

3. Youtube Creator Academy

Terakhir, adalah sertifikasi digital marketing Youtube Creator Academy. Selama mengikuti sertifikasi ini, kamu akan  mempelajari cara membuat channel YouTube, cara mengembangkannya, dan tips untuk mengoptimalkannya. Apabila kamu ingin menjadi content creator di youtube, sertifikat ini penting karena kamu akan mendapatkan banyak ilmu dan juga latihan praktik secara langsung.

Itulah 3 sertifikasi digital marketing di Indonesia. Mana nih, yang paling menarik minat kamu ?

Pelajari selengkapanya dengan kunjungi Campusdigital

Hubungi Kami