Putri Devi

Kontributor

2 tahun yang lalu


#blogger #takberkategori

Siapakah Pemilik Blogger Saat Ini?

2 tahun yang lalu - By Putri Devi

Pemilik Blogger Saat Ini

[caption id="attachment_4951" align="alignnone" width="580"] Pemilik Blogger Saat Ini[/caption]

Layanan blogging oleh Blogger mendukung pengguna untuk memposting konten berdasarkan waktu. Pyra Labs mendirikan Blogger pada tahun 1999 dan Google mengakusisi pada tahun 2003. Oleh karena itu, secara resmi pemilik Blogger saat ini adalah Google.

Google mengakses Blogger melalui subdomain blogspot.com untuk menghosting blog. Blog juga dapat diakses dari domain kustom milik pengguna (seperti www.littlethings.com) dengan menggunakan fasilitas DNS untuk mengarahkan domain ke server Google.

DNS adalah sistem alamat IP yang menerjemahkan URL situs web. Jika Anda ingin melihat situs web tanpa DNS, Anda harus menulis seluruh alamat IP. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengakses Google, Anda hanya mengetik URL Google.com daripada menuliskan 172.217.0.142 di addres bar.

Google Blogger memiliki basis pengguna internasional yang luas dan tersedia dalam lebih dari 60 bahasa, meskipun saat ini popularitasnya mulai menurun karena muncul pesaing baru. Selain itu, seorang pengguna dapat memiliki hingga 100 blog atau situs web per akun.

Baca juga mengenai Kelebihan Blogspot Sebagai Platfrom Blogging

Sejarah Google sebagai Pemiliki Blogger

Pyra Labs meluncurkan Blogger pada 23 Agustus 1999. Berdasarkan hal tersebut Blogger menjadi sebagai salah satu alat penerbitan blog khusus pertama. Google membeli Blogger pada Februari 2003, sehingga saat ini pemilik Blogger secara resmi yaitu Google. Setelah proses akusisi tersebut, fitur premium Blogger menjadi gratis sebagai hasil dari pengambilalihan tersebut. Evan Williams (salah satu pendiri Blogger) meninggalkan Google pada Oktober 2004. Selain itu, Google juga mengakusisi Picasa pada 2004 dan memasukkan layanan tersebut ke dalam Blogger, sehingga memungkinkan pengguna mengunggah gambar ke blog mereka.

Blogger mengalami desain ulang besar-besaran pada 9 Mei 2004, yang mencakup template yang sesuai dengan standar web, halaman arsip individual untuk posting, komentar, dan posting email. Versi baru Blogger, dengan nama kode “Invader” dirilis dalam versi beta bersamaan dengan pembaruan pada 14 Agustus 2006. Dalam versi tersebut, Google memindahkan pengguna ke server Google. Berdasarkan versi tersebut terdapat fitur baru yang memunculkan bahasa baru seperti bahasa Prancis, Italia, Jerman, dan Spanyol. Blogger mengklaim bahwa dengan memindahkan server ke Google layanan akan lebih stabil karena kualitas server lebih baik dari sebelumnya.

Pada bulan Desember 2006, versi baru Blogger ini dikeluarkan dari versi beta. Pada Mei 2007, Google telah sepenuhnya memindah dan mengoperasikan Blogger ke server Google. Blogger menduduki peringkat 16 dalam daftar 50 domain teratas dalam hal jumlah pengunjung unik pada tahun 2007.

Pada tanggal 24 Februari 2015, Blogger mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi mengizinkan penggunanya untuk mengeposkan konten seksual eksplisit, kecuali jika konten seksual tersebut dalam konteks artistik, pendidikan, dokumenter, atau ilmiah.

Sampai saat ini, Blogger sudah melakukan perubahan yang sangat signifikan sehingga lebih memudahkan pengguna dalam mengelola konten dan membuat konten secara maksimal. Oleh karena itu, kita generasi milenial sangat beruntung karena terdapat berbagai kemudahan teknologi untuk mendukung impian dan cita-cita kalian.


bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami