Fauzan Ahmat Rahmawan

Kontributor

2 tahun yang lalu


#digital marketing #seo

Skill Digital Marketing Suatu Keharusan Di Era Digital

2 tahun yang lalu - By Fauzan Ahmat Rahmawan

Skill Digital Marketing Suatu Keharusan Di Era Digital

Skill atau kemampuan dalam digital marketing menjadi salah satu yang harus kita kuasai. Hal ini karena pertumbuhan dunia digital yang begitu tajam membuat perubahan dalam dunia bisnis terus terjadi. Salah satunya adalah kebutuhan akan seseorang yang memiliki kemampuan digital marketing. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang ingin menjadi seorang “digital marketer”. 

Sebagai seorang digital marketer, mereka harus mampu melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran secara digital (online). Seperti Search Engine Optimization (SEO), content marketing, email marketing, video marketing, dan lain-lain.Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang digital marketing yang handal.

Baca juga Artificial Intelligence dalam Dunia Digital Marketing

5 Skill Penting Digital Marketing

  1. Memiliki Kemampuan Analisa Yang Baik

Kemampuan analisa menjadi salah satu skill penting yang harus dimiliki oleh seorang digital marketing. Hal ini menjadi kebutuhan karena akan bermanfaat ketika menganalisa hal-hal yang akan dilakukan, misalnya menganalisa target audience, strategi online marketing yang akan digunakan atau memilih media online yang cocok dengan bisnis tertentu.

  1. Memiliki Kemampuan Mengolah Data

Data berguna sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan keputusan yang akan kita ambil. Sehingga setiap kegiatan atau aktivitas digital marketing harus kita lakukan berdasarkan data yang valid. Oleh karena itu, sebagai seorang digital marketer harus memiliki kemampuan mengolah dan memvisualisasikan data-data yang akan berguna untuk melakukan digital marketing.

  1. Memiliki Kemampuan Belajar Yang Cepat

Perkembangan dan dinamika dalam dunia digital marketing berlangsung sangat cepat. Hal ini terjadi salah satunya karena berbagai tool, platform dan media yang kita pilih dalam berbagai aktivitas digital marketing mengalami peningkatan dan perubahan dalam waktu yang cepat. Oleh karena itu seorang digital marketing harus memiliki kemampuan untuk belajar dengan cepat agar bisa adaptif dengan perkembangan yang ada.

  1. Memiliki Kemampuan Komunikasi Yang Baik

Komunikasi merupakan salah satu soft skill yang harus kita miliki sebagai seorang digital marketing. Hal ini penting karena nantinya kamu akan bertemu dan berbicara dengan banyak orang.

Penyampaian ide, strategi, atau proses digital marketing yang akan kita laksanakan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan kamu menjadi seorang digital marketing.

  1. Mengikuti Trend Sosial Media

Sosial media merupakan salah satu media yang bisa kita manfaatkan untuk digital marketing. Ketika menjadi seorang digital marketing kamu juga harus aktif menggunakan berbagai media sosial. Misalnya Instagram, Facebook, atau Twitter. Hal ini memiliki tujuan agar kamu lebih memahami berbagai trend yang sedang terjadi dalam dunia sosial media.

Itulah ulasan singkat mengenai digital marketing. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenal dan paham mengenai digital marketing. Untuk mendapatkan informasi lainnya terkait digital marketing maupun hal lainnya anda bisa membaca berbagai artikel yang ada dalam web ini Campusdigital

Hubungi Kami