Marliana Atma

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Sosial media ladang bisnis melalui Hashtag Instagram?

2 tahun yang lalu - By Marliana Atma

hashtag adalah simbol tagar (#) sebagai frasa kata kunci yang dieja tanpa spasi yang umumnya terdapat di sosial media Seperti contoh #Campusdigital dan #ContentCreator. Hashtag sangat penting dalam dunia marketing terutama pasaran sosial media, hashtag juga dapat digunakan untuk menambahkan pada foto, video, event media dan lain-lain.

Pencarian aplikasi terbanyak selama pandemi berimbas dengan menaiknya pengguna Instagram, populernya hashtag di Instagram membuat banyak pembisnis di Instagram mendapatkan banyak pelangan dengan hanya mengoptimalkan hashtag. Uniknya fitur tersebut bisa di ikuti semua akun dengan hal ini pembisnis dapat memudahkan mencari konsumen baru.

Langsung saja yuk, cara memaksimalkan hashtag di Instagram

baca juga : Mengenal dan Memahami Paid Marketing

1. Cari dan pilih Tagar yang relevan

hashtag instagram

Hashtag di Instagram yang tepat dalam postingan akan mudah ditemukan oleh user Instagram lain, produk dan bisnis yang dibuat akan mudah temukan oleh pengguna Instagram.

Carilah tagar yang sesuai dan relevan sesuai dengan postingan, pastikan juga kamu mengetahui kata kunci apa yang akan digunakan oleh user untuk menemukan produk yang kamu jual.

Misalnya, kamu berjualan makanan, kamu bisa gunakan beberapa hashtag sekaligus. Contohnya tagar #Travel #seblakinstanviral, dan lainnya.

2. Menambahkan Hashtag di Instagram Story

Apalagi algoritma saat ini, Instastory sudah ada bagian explore jadi besar kemungkinan untuk banyak yang menemukan postingan hashtag milik Anda.

kamu juga bisa membaca : Apa itu kegiatan bisnis?

3. Gunakan Branded Hashtag

Untuk membuat hashtag lebih efektif bagi marketing, kamu bisa menggunakan branded hashtag.

Branded hashtag adalah hashtag yang secara langsung menggambarkan bisnis atau organisasimu.

Sprout Social membagi branded hashtag menjadi tiga jenis, yaitu:

  • brand name hashtags (#Topshop)
  • brand-specific slogans (#neverstopexploring)
  • brand name variations (#Mytravel or #MySwatch)

kamu dapat menggunakannya sebagai brand awarness di Instagram supaya tagarmu lebih terlihat.

4. Sesuaikan dengan Trending Topic

Kunci sukses bisnis penggunaan media sosial yang baik adalah mengikuti trending yang sekarang sedang populer. Kamu dapat menerapkan konsep ke dalam penggunaan hashtag Instagram.

Kamu juga bisa membuat konten yang berisi ucapan Congratulations atau bisa juga ucapan tentang grand opening, ucapan selamat ulang tahun. Selain menggunakan hashtag yang biasa kamu gunakan, kamu bisa menambahkan hashtag hari raya tersebut.

Kamu juga bisa menggunakan hashtag lainnya yang sedang trending topic. Tapi kamu juga harus memperhatikan jangan sampai kamu menggunakan hashtag yang tidak relevan dengan kontenmu, ya.

6. Post pada Waktu yang Tepat

Kamu tentu ingin post-mu muncul sebagai top content hashtag yang kamu gunakan.

Untuk mendapatkan popularitas yang tinggi, salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah waktu post konten. Post kontenmu pada saat terbaik di jam penguna sedang santai misalnya di jam 5-6 sore atau 8-9 malam.

Setiap akun memiliki waktu terbaiknya masing-masing. Kamu bisa melihatnya pada bagian View Insight dengan begitu, kamu bisa mendapat engagement rate yang tinggi sekaligus cepat.

Nah, kamu juga bisa menemukan berbagai trik lainnya artikel-artikel Campusdigital. Sign up dulu, yuk, sekarang!

Bisa kunjungi web kami Campus Digital

 

Hubungi Kami