Fauzan Ahmat Rahmawan

Kontributor

2 tahun yang lalu


#digitalmarketing # marketing # mediasosial

Sosial Media Marketing : Teknik Marketing Masa Kini

2 tahun yang lalu - By Fauzan Ahmat Rahmawan


Sosial media merupakan suatu alat yang sudah tak asing kita gunakan. Untuk masyarakat umum biasanya sosial media mereka gunakan untuk membagikan foto-foto berharga, sharing kehidupan sehari-hari, hingga berbelanja. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang ada sosial media mulai dimanfaatkan oleh para pebisnis atau pegiat dunia usaha sebagai wadah untuk promosi atau meningkatkan marketing yang mereka punya.

Baca Juga :  Digital Marketing dalam Bisnis Start-up


Di era ini, banyak sekali bisnis yang berjalan melalui akun sosial media, baik dalam skala kecil maupun skala besar. Bahkan hanya sekedar online shop saja sudah banyak tersebar di Facebook dan Instagram, mulai dari bidang produk fashion, makanan hingga obat-obatan. Hal ini juga sering kita kenal dengan nama sosial media marketing.

A. Pengertian Sosial Media Marketing

Sosial media marketing (SMM) merupakan salah satu bagian dari digital marketing yang memanfaatkan sosmed sebagai wadah marketingnya. Sosial media marketing lebih berfokus untuk membangun target pasar yang ada dalam sosmed. Semakin banyak sosial media yang digunakan maka akan semakin banyak pula target pasar yang akan mereka dapatkan.

Kita mampu menjaring banyak pelanggan melalui sosial media untuk produk atau layanan milik Anda. Untuk menarik perhatian banyak pelanggan, Kita dapat membagikan secara teratur konten-konten menarik seperti foto, tulisan, video. Hal itulah yang membuat sosial media marketing adalah wadah yang paling tepat untuk berpromosi.

B. Manfaat

Pertumbuhan popularitas media sosial adalah tren utama dalam bisnis digital. Dalam social network sites (SNS) tertentu seperti Facebook, Google+, Twitter dan pengguna bisnis-ke-bisnis, LinkedIn dan RSS feed. Beberapa situs media sosial tidak tergantung pada jejaring sosial, termasuk dunia maya dan blog yang dibuat oleh banyak individu dan bisnis. Oleh karena itu banyak sekali manfaat yang mampu kita dapatkan dalam menggunakan sosial media marketing. Berikut adalah manfaat yang kita dapatkan dari SMM :

Membantu Memperkenalkan Bisnis

Suatu bisnis yang baru berjalan umumnya membutuhkan sebuah wadah untuk memperkenalkan bisnisnya. Bagi UKM memperkenalkan bisnis merupakan sebuah hal yang vital untuk keberlangsungan bisnisnya. Sosial media menjadi cara yang paling ampuh dalam memperkenalkan bisnis. Selain banyak digunakan oleh masyarakat, memperkenalkan bisnis melalui sosial media juga tidak memerlukan biaya yang terlalu besar.

Efektif Waktu dan Hemat Biaya

Untuk melakukan promosi menggunakan sosial media ini kita tak perlu mengeluarkan biaya sama sekali alias gratis. Kita hanya perlu mendaftar ke salah satu platform sosial media seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya dan membuat sebuah postingan. Namun jika kita ingin menjangkau lebih banyak pengguna yang sesuai dengan target pasar maka kita bisa menggunakan fitur paid marketing dari sosmed yang ada. Tentunya biaya yang kita keluarkan lebih murah ketimbang melakukan promosi offline.

Selain efisiensi biaya, bisnis juga harus mampu mengefisienkan waktu. Salah satunya adalah dengan penerapan social media marketing ini.

Dengan SMM maka Anda hanya perlu memposting konten di sosial media. Tentunya, hal tersebut bisa kita lakukan dalam waktu yang relatif singkat.

Meningkatkan Brand Awareness

Brand Awareness merupakan suatu kondisi ketika pelanggan mampu mengenali dan mengingat produk yang kita miliki dengan mudah. Brand awareness dapat kita lakukan dengan cara selalu aktif dalam menggunakan sosial media dan juga memperhatikan topik dan konten yang akan Anda unggah ke sosial media produk tersebut.

Itulah ulasan singkat mengenai sosial media media marketing. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenal dan paham mengenai sosial media marketing. Untuk mendapatkan informasi lainnya terkait digital marketing maupun hal lainnya anda bisa membaca berbagai artikel yang ada DISINI!.

Hubungi Kami