Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#marketplace #contentmarketing

Strategi Membuat Content Marketing Untuk Bisnis

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Dalam dunia bisnis sekarang ini memang membutuhkan kreatifitas dan penyesuaian diri dengan tren yang sedang terjadi. Pasalnya perubahan tren dalam bisnis akan terus terjadi mengikuti perkembangan arus teknologi. Maka dari itu, para pembisnis harus bisa membuat strategi content marketing untuk memasarkan produk dan jasa. Untuk selengkapnya kamu bisa membaca artikel di bawah ini!

Pengertian Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang di dalamnya terdapat kegiatan membuat, dan memasarkan produk atau jasa. Konten yang di muat di dalamnya tentu harus selaras dengan produk yang di tawarkan dan berisi informasi yang jelas. Content marketing dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis karena konten memiliki pengaruh besar dalam hal promosi.

Ada banyak manfaat yang kamu dapatkan jika menggunakan content marketing dalam melakukan promosi bisnismu. Namun perlu di ketahui bahwa konten yang di buat harus memenuhi syarat penting, relevan dan konsisten. Jika kamu bisa memenuhi ketiga syarat itu maka peluang untuk mendapatkan pelanggan jauh lebih besar.

Baca juga Strategi Marketing PPC (Pay Per Click) dalam Bisnis

5 Strategi Membuat Content Marketing Untuk Bisnis

Setelah kamu memahami pengertian dan manfaat dari content marketing di atas, berikut adalah strategi yang bisa di gunakan untuk membuat content marketing yang menguntungkan untuk bisnismu.

Tentukan Tujuan

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tujuan dari strategi content marketing yang akan di buat. Ketahuilah terlebih dulu apa tujuan yang ingin di dapatkan sehingga akan memudahkan membuat strategi yang terencana.

Riset Buyer Persona

Dalam merencanakan sebuah strategi content marketing yang sukses untuk bisnis, kamu perlu mengidentifikasi target audience (buyer persona) dengan jelas. Dengan memahami target audience akan memudahkan kamu dalam membuat konten yang relevan.

Memilih Platform atau Media

Untuk menyebarkan konten, kamu memerlukan media atau platform yang bisa di gunakan untuk mempublish konten bisnismu. Kamu bisa menggunakan blog, media sosial ataupun media internet lainnya.

Menentukan Jenis Konten

Banyak jenis konten yang bisa kamu buat untuk mempromosikan produk di media internet. Ada blog, ebook, konten media sosial, video, podcast dan masih banyak lagi. Kamu harus menentukan jenis konten apa yang kamu inginkan yang sesuai dengan produk yang akan di tawarkan.

Mengelola konten

Kamu membutuhkan pengelolaan konten yang baik agar konten yang di buat bisa terbit secara konsisten dan memiliki update informasi. Hal ini merupakan tiga syarat faktor dalam membuat content marketing yang sudah di sebutkan di atas yaitu relevan, penting dan konsisten.

Bagaimana? Setelah membaca artikel di atas apakah kami tertarik untuk membuat strategi content marketing untuk bisnismu? Kami bisa bergabung bersama kami di Campus Digital untuk kursus content marketing, digital marketing dan kami juga berkesempatan mendapatkan sertifikasi juga lho! Tunggu apa lagu? Yuk ikuti kursus di campus digital

Hubungi Kami