Yuni Rahayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Tiktok ads Meningkatkan Cuan Bisnismu? Emang bisa?

2 tahun yang lalu - By Yuni Rahayu

Tiktok, salah satu aplikasi media sosial yang paling diminati sejak pandemi tiba. Tak heran, banyak para pengusaha memanfaatkan tiktok ads sebagai wadah marketing. Berdasarkan data hootsite, ada 800 juta user aktif di seluruh dunia pada setiap bulannya. Nah, dari data tersebut bisa kita ketahui bahwa probabilitas cuan yang akan kamu dapatkan bisa naik.

Jika kamu terjun di dunia bisnis, kamu harus banget nih mempertimbangkan tiktok sebagai sarana marketing. Sehingga, kamu bisa memaksimalkan pendapatan serta performa bisnismu dengan baik. Berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan agar penggunaan tiktok ads semakin maksimal.

1. Membuat Akun

Tanpa akun, gimana kamu akan promosi, bukan? Untuk bisnis, kamu harus membuat akun dengan jenis Tiktok for businees dengan membuka laman www.tiktok.com/business. Kemudian ikuti langkah selanjutnya.

2. Adanya Pembuatan Kampanye

Dalam memulai suatu kegiatan marketing di tiktok, kamu harus memilih terleih dahulu tujuan iklannya. Ada tiga opsi yang bisa kamu pilih yakni jangkauan, instalasi app, dan konversi. Selanjutnya, kamu bisa tetapkan berapa anggaran untuk pengeluaran dalam pemasaran melalui platform ini.

Jika telah selesai melakukan pengaturan, kamu bisa pilih beberapa ad gruop. ad group apa tuh? Gabungan iklan yang mirip dalam suatu kampanye. Selanjutnya, tetapkan optimasi tujuan (optimisation goals) untuk menentukan berapa kali tayang suatu iklan yang akan di tampilkan.

Jangan lupa, baca juga mengenai Strategi Pemasaran Melalui Youtube Ads

3. Membuat desain iklan yang menarik

Bagaimana cara membuat iklan yang menarik dan selalu menempel pada setiap yang melihatnya? santai, tiktok mempunyai jurus ampuh yang bisa kamu terapkan untuk mebuat iklan yang kreatif dengan metode ABCDE, yaitu

  • A : Action. Menghidupkan interaksi user melalui call to action (CTA) ada fitur interaktif tiktok
  • B : Bridge atau menjalin komunikasi antara brand dan pengguna
  • C : Collaborate atau kolaborasi. dengan mencoba kolaborsi dengan kreator, mitra atau pun pengguna tiktok, itu bisa meningkatkan personal branding pada usahamu
  • D : Draw atau tarik. Maksudnya adalah menarik pengguna secara langsung dengan konten yang kita unggah
  • E : Evolve (evolusi) yakni brand harus selalu siap dalam menghadapi perubahan tren yang ada.


4. Memperhatikan spesifikasi iklan di Tiktok

dalam pembuatan sebuah iklan di tiktok ads, ada beberapa standar yang kamu tahu agar tidak salah kaprah.

  1. Ukuran file video maksimum 500mb
  2. Membuat jangka waktu video berkisar antara 5-60 detik, dengan durasi yang optimal adalah 9-15 detik.
  3. pada setiap video iklan, haruslah memiliki isi konten dan tampilan yang kreatif. juga, jangan lupa berikan penjelasan mengenai produkmu sertai dengan nama brand yang jelas.

Melalui tiktok for business, kamu bisa memanfaatkan pemasaran pada usahamu, sehingga itu bisa menambah cuan yang drastis pada bisnismu. Apabila kamu ingin belajar lebih lanjut tentang pemasaran atau ingin belajar dari nol tentang dunia digital marketing, kamu bisa banget nih daftar di Campus Digital

 

Hubungi Kami