Rizky Dwi

Kontributor

2 tahun yang lalu


#konsepdigitalmarketing #seo #wabsite

Tips & Trik Membuat Caption Jualan di Instagram

2 tahun yang lalu - By Rizky Dwi

Caption jualan di instagram memiliki kekuatan untuk menarik calon konsumen. Selain gambar postingan yang menyenangkan untuk orang lihat, caption yang berisi rangkaian kata bagus juga dapat mengundang orang agar nantinya mau membeli suatu produk.

Mengapa hal tersebut mungkin terjadi? Sebab, caption bukanlah sekadar pelengkap gambar. Justru rangkaian kata yang terdapat dalam caption adalah salah satu cara terampuh untuk menarik hati calon konsumen.

Maka dari itu, bagi Anda yang baru saja memulai jualan di instagram, ada beberapa tips & trik membuat caption jualan di instagram untuk memaksimalkan penjualan Anda. Yuk, kita simak!

Mengetahui Siapa Audience Anda

Tentu saja Anda berharap audience di instagram akan menjadi salah satu pelanggan Anda, bukan? Maka dari itu, Anda harus bisa menarik perhatian mereka dengan konten yang cukup relate. Untuk mengetahui hal ini Anda perlu membuat target audience atau target market mengenai siapa yang kira-kira akan tertarik dengan produk yang Anda jual berdasarkan berapa usia mereka, apa pekerjaan mereka, hingga di mana mereka tinggal. Setelah itu, Anda bisa menentukan brand voice dengan cara menggunakan beberapa kata sifat guna menunjukkan nilai atau kualitas dari produk yang Anda bawa. Misalkan Anda berjualan baju muslimah, maka Anda bisa menggunakan kata trendy atau fashionable. Dari sini lah Anda bisa menentukan bagaimana cara Anda berkomunikasi dengen audience.

Baca juga: Merek dan Upaya Menjaga Eksistensi

Perhatikan Panjang Caption

Meskipun instagram menyediakan banyak karakter untuk Anda membuat caption, tetapi Anda tidak bisa asal-asalan menggunakan seluruhnya. Jumlah terbaik untuk menulis caption instagram adalah 138 hingga 150 karakter. Namun, bila tak ingin caption Anda muncul tulisan 'more', Anda cukup menulis sebanyak 125 karakter saja.

Manfaatkan Tagar

Usai menulis caption, Anda dapat menambahkan tagar di bawahnya. Namun, yang harus Anda ingat adalah usahakan agar tagar yang Anda gunakan relevan dengan produk yang Anda jual. Selain itu, usahakan pula agar jangan sampai menggunakan terlalu banyak tagar. Mengapa? Sebab hal tersebut dapat mengalihkan perhatian audience yang semestinya lebih fokus membaca caption Anda daripada fokus melihat tagar.

Gunakan 'Call to Action'

'Call to action' merupakan seruan atau ajakan kepada audience untuk melakukan sesuatu seperti memberi komentar, menandai teman, atau meninggalkan opini mereka. Namun, untuk mendapat respons dari audience, topik atau tulisan di awal caption haruslah Anda buat semenarik mungkin. Menaruh kata tanya di caption dapat menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian mereka.

Itulah tips & trik membuat caption jualan di instagram untuk memaksimalkan penjualan Anda. Bila Anda ingin belajar lebih banyak tentang digital marketing, mari segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

 

Hubungi Kami