Fauzan Ahmat Rahmawan

Kontributor

2 tahun yang lalu


#bisnisdigital #bisnisonline #ramadhan #trenbisnis #trenbisnisramadhan

Trend Bisnis Ramadhan 2021

2 tahun yang lalu - By Fauzan Ahmat Rahmawan


Trend bisnis tentunya menjadi suatu hal yang menentukan dalam perekonomian suatu masyarakat khususnya disaat situasi pandemi seperti ini. Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Bukan hanya dari sisi spiritual saja tetapi juga dari sisi bisnis. Bulan ramadhan tahun ini yang masih berada dalam situasi pandemi membuat aktifitas masih belum bisa berlangsung seperti dahulu. Namun berbagai kebijakan pelonggaran yang terjadi khususnya dari segi bisnis membuat harapan akan perbaikan ekonomi terus meningkat. Berbagai industri dan umkm mulai kembali mengepakkan sayapnya untuk dapat bangkti dari krisis yang terjadi. Berbagai trend bisnis yang diperkirakan akan tumbuh subur pada ramadhan tahun ini tentunya menjadi kabar baik bagi pelaku usaha di Indonesia khususnya Jakarta. Jakarta sebagai kota metropolitan sekaligus pusat bisnis di Indonesia akan menjadi pusat perhatiaan dalam melihat trend bisnis yang akan tumbuh pesat selama ramadhan 2021. Pertumbuhan trend bisnis yang terjadi diharapkan mampu kembali mendongkrak perekonomian masyarakat. 

Lantas apa saja yang akan menjadi Trend Bisnis selama Bulan Ramadhan 2021?

Berikut ulasan mengenai Contoh Jenis Bisnis yang akan meningkat pada Ramadhan 2021

Perkembangan Trend Bisnis

Selama masa pandemi perkembangan trend bisnis online terus meningkat dengan tajam. Hal itu membuat trend bisnis online akan menjadi suatu pola serta gaya hidup baru yang akan timbul di dalam masyarakat. Berbagai UMKM harus mampu mengembangkan bisnisnya dari bentuk tradisional menjadi digital atau online. Pemasaran melalui sosial media atau digital marketing juga menjadi salah satu trend baru dalam dunia bisnis dan diprediksi akan makin meningkat selama bulan ramadhan.

Hal itu didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh perusahaan riset konsumen berbasis neurosains dan kecerdasan buatan yang memaparkan hasil studi kualitatif mengenai peran online marketplace dalam membantu UMKM di Indonesia bertahan selama masa pandemi. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan secara virtual ke sejumlah pelaku UMKM di Tanah Air, terungkap bahwa lini penjualan offline mereka mengalami penurunan. Ini berbanding terbalik dengan penjualan online mereka yang justru meningkat. Hal ini tentunya menguatkan fakta bahwa trend bisnis online akan tetap bertahan dan bisa mengalami meningkat selama bulan ramadhan 2021.

Contoh Jenis Bisnis Yang Akan Meningkat

Sejumlah jalan bisnis UMKM saat Ramadhan yang akan mengalami peningkatan adalah sebagai berikut.

Jual Makanan Online

Trend bisnis UMKM Ramadhan 2021 yang pertama, adalah menjual makanan secara online. Gojek mencatat, perkiraan pemesanan makanan via layanan GoFood mengalami jalan perkembangan positif ketika Ramadan . Hal ini membuat layanan makanan online akan meningkat tajam Terutama sejak minggu kedua ramadhan. Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi pelaku usaha Kuliner untuk dapat bangkit dan meraih keuntungan selama ramadhan tahun ini.

Jual Produk Hijab

Tren bisnis UMKM zaman Ramadhan 2021 yang kedua, adalah memasarkan produk hijab. Penjualan hijab mengalami kenaikan sampai lebih dari 125% dari hari sebelum ramadhan. Sejalan dengan tren ini, pelanggan berpartisipasi melahirkan dana lebih menjelang belanja pada kategori busana dan aksesori, serta barang penunjang aktivitas di rumah.

Minuman Segar dan Herbal

Minuman segar juga menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan selama bulan ramadhan. Rasa penat menjalani aktifitas akan menjadi sirna ketika berbuka dengan minuman yang segar. Masa pandemi seperti ini minuman herbal juga menjadi salah satu solusi yang pas untuk berbuka puasa. Tentunya kebutuhan masyarakat akan hal ini membuat potensi bisnis minuman segar dan herbal menjadi sangat terbuka.

Itulah tadi prediksi trend bisnis beserta contoh bisnis yang menurut perkiraan akan mengalami perkembangan selama ramadhan tahun ini. Jadi buat kalian yang ingin memulai bisnis dan kepada para pegiat UMKM momentum ramadhan bisa kalian manfaatkan untuk meningkatkan kembali bisnis anda. Salah satu hal yang menjadi trend dalam pemasaran ialah digital marketing. Jadi untuk memahami digital marketing silahkan bergabung bersama kami dalam campus digital. Dengan paham digital marketing maka potensi perkembangan bisnis menjadi terbuka lebar.


Pelatihan Copywriting Semarang DISINI

Hubungi Kami