Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Kontributor

2 tahun yang lalu


#seo # marketplace #wabsite

Twitter Marketing : Solusi Tepat Mempromosikan Bisnis

2 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Twitter Marketing 

Pada era digital ini, kita dituntut untuk mempromosikan bisnis secara optimal melalui berbagai platform digital. Sayangnya, promosi bisnis melalui platform media sosial sering terkendala oleh jumlah followers yang tidak terlalu banyak. Dengan memanfaatkan platform media sosial Twitter, anda tidak memerlukan banyak followers untuk mempromosikan bisnis anda. Twitter marketing merupakan strategi pemasaran bisnis melalui platform Twitter dengan memanfaatkan berbagai tools yang ada, seperti teks, gambar, dan video.

Menurut laporan finansial Twitter pada kuartal ke-3 tahun 2019, jumlah pengguna aktif harian Twitter secara global meningkat sebesar 17% atau mencapai 145 juta pengguna. Country Industry Head Twitter Indonesia, yaitu Dwi Adriansah juga mengklaim bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pertumbuhan pengguna aktif harian Twitter paling besar. Tingginya jumlah pengguna aktif harian Twitter di Indonesia akan meningkatkan peluang anda untuk mempromosikan bisnis melalui Twitter.

Namun, platform Twitter ternyata membatasi jumlah karakter untuk setiap tweet, yaitu maksimal 280 karakter. Oleh karena itu, anda perlu menerapkan strategi Twitter marketing yang tepat untuk meningkatkan traffic website dan penjualan produk anda secara efektif tanpa perlu ribuan atau jutaan followers.

Baca juga : Tren Pemasaran Melalui TikTok, Patut Dicoba!


[caption id="attachment_2838" align="alignnone" width="324"]  Strategi Twitter Marketing yang Tepat[/caption]

Lalu Bagaimana Strategi Twitter Marketing yang Tepat untuk Bisnis Anda?

Melengkapi Profil Utama Akun Perusahaan

Anda dapat melengkapi informasi pada profil utama akun perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Gunakanlah nama pengguna yang sesuai dengan perusahaan anda dan hindari penggunaan nama yang aneh. Pasanglah foto profil yang sesuai dengan bisnis anda, misalnya memasang logo brand produk anda sebagai foto profil akun perusahaan.

Menggunakan Hashtag yang Tepat

Hashtag merupakan fitur Twitter yang dapat memudahkan pelanggan untuk menemukan produk anda. Jika ­­hashtag yang anda gunakan menjadi trending topic, maka pelanggan akan lebih mudah mengenali bisnis Anda. Anda dapat menggunakan hashtag umum yang sedang trending di Twitter serta membuat hashtag khusus yang singkat dan sesuai untuk bisnis anda.

Membuat Konten Promosi Menggunakan Kata-Kata yang Menarik

Anda dapat membuat konten promosi menggunakan kata-kata ajakan yang mampu mengundang rasa penasaran dan menarik perhatian pelanggan hingga akhirnya membuat mereka memutuskan untuk menggunakan produk anda. Anda dapat mencari referensi kata-kata tersebut dari akun bisnis Twitter milik brand-brand terkenal lainnya.

Menentukan Waktu Terbaik untuk Memposting Konten

Strategi selanjutnya adalah menentukan waktu terbaik untuk memposting tweet. Menurut Buffer, postingan tweet akan mendapatkan impresi dan engagement yang lebih tinggi ketika diposting pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Maka, anda dapat mengunggah postingan promosi anda pada hari-hari tersebut. Anda juga dapat memanfaatkan tool Tweriod untuk mengetahui pada hari dan jam berapa saja, followers Twitter anda paling aktif sehingga anda dapat mengunggah postingan promosi pada hari dan jam-jam tersebut.

Selalu Update dengan Hal-Hal Baru yang Sedang Trending

Salah satu keunikan Twitter bila dibandingkan media sosial lainnya yaitu setiap hari selalu ada hal-hal yang menjadi trending topic. Salah satu strategi Twitter marketing yang paling efektif adalah aktif mengikuti setiap obrolan yang sedang menjadi tremding topic. Postingan promosi produk anda akan lebih menarik jika relevan dengan situasi saat ini.

Selalu Terhubung dengan Calon Pelanggan

Anda dapat selalu terhubung dengan calon pelanggan dengan cara aktif memberikan respon misalnya membalas mention, memberikan like, serta meretweet komentar pelanggan dengan cepat. Dengan aktif memberikan respon, harapannya kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan anda akan meningkat.

Strategi Twitter marketing yang tepat akan mendatangkan banyak manfaat bagi bisnis anda. Beberapa manfaat tersebut, yaitu meningkatkan traffic website perusahaan, menaikkan engagement, memperbesar peluang dan meningkatkan penjualan produk, memperoleh feedback dari pelanggan untuk meningkatkan layanan bisnis dan kualitas produk anda, serta dapat menjangkau lebih banyak audiens mengingat banyaknya jumlah pengguna aktif Twitter di Indonesia.

Itulah penjelasan mengenai strategi dan manfaat Twitter marketing bagi bisnis anda. Jika anda tertarik untuk belajar lebih lanjut mengenai digital marketing dan penerapannya pada bisnis online, anda bisa mengikuti kursus pada website Campus Digital. Segera daftarkan diri anda untuk bergabung bersama kami!

 

Hubungi Kami