Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

3 tahun yang lalu


4 Alasan pentingnya Membangun Produk Unggulan

3 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dalam suatu bisnis, membuat produk unggulan merupakan suatu hal yang sangat penting. Jika hanya berpegangan pada bidang usaha akan membuat kita tidak fokus. Maka dari itu, dibutuhkan spesialisasi untuk mengembangkan suatu bisnis. 

Baca juga Rekomendasi Aplikasi Belajar Online di Android

Berikut ini 4 alasan pentingnya membangun produk unggulan

1. Memudahkan Tumbuh Kembang Usaha yang Baru Dirintis

Bisnis baru akan mudah hilang dikarenakan penolakan masyarakat ataupun kalah bersaing dengan para pesaing, agar bisnis bisa berkembang dengan cepat kita harus fokus dan tidak boleh membuka bermacam-macam usaha dalam suatu waktu.

Kita harus memilih satu usaha yang paling cepat tumbuh, kita ambil contoh usaha bakso yang di satukan dengan soto. Pengusaha tradisional yang sering melakukan hal ini, menyatukan bakso dan soto, mereka membuat kuah bakso sekaligus kuah soto, sudah ditebak rasanya menjadi tidak karuan dan pastinya ditinggalkan pelanggan.

Sebaiknya bila seperti itu kita pisahkan saja, bakso berdiri sendiri dengan mereknya ataupun soto juga bisa berdiri sendiri dengan mereknya. Dengan seperti itu kita bisa fokus mengembangkan salah satunya.

 

2. Mempersingkat Waktu Mencapai Corporate Branding

Dalam sebuah bisnis produk serta nama usaha disebut dengan merek, dan merek inilah yang menjadi jaminan kualitas dan kuantitas sebuah bisnis. Bisnis yang baik adalah bisnis yang merek dagangnya mendapat pengakuan dari masyarakat. Usaha dan upaya untuk menanamkan merek di benak masyarakat inilah yang disebut corporate branding.

Corporate branding yang baik selalu menimbulkan merek dagang ketika menawarkan produk kita. Disinilah peranan pentingnya spesialisasi dalam sebuah bisnis, jadi ketika seseorang ingin makan bakso langsung teringat dengan Bakso Lapangan Tembak Senayan, ketika ingin makan kebab teringat Kebab Turki Baba Raffi.

Mengapa merek-merek tersebut itu terkenal? Karena merek-merek tersebut menawarkan produk-produk yang khas. Oleh karena itu, meskipun bidang usaha kita memiliki cakupan yang luas, pilih salah satu jenis usaha saja sebagai spesialisasi usaha kita, dengan seperti itu para pelanggan akan mudah mengenali kita dengan ke-khasan yang kita miliki.


3. Mempercepat Edukasi Konsumen

Setiap usaha atau produk yang ingin memenangkan persaingan harus bisa melewati satu tahap yang sulit, yaitu mengedukasi konsumen. Walaupun produk itu buruk jika konsumen sudah percaya produk tersebut pasti akan bertahan, walaupun untuk bertahan lama perlu pengembangan produk.

Mengedukasi konsumen butuh waktu, tenaga, dan biaya yang besar. Spesialisasi usaha menolong para pengusaha untuk mempercepat edukasi konsumen mereka. Inilah yang menyebabkan usaha-usaha yang memiliki kekhasan diatas identik dengan satu produk saja. Produk spesialisasi inilah yang dikomunikasikan berulang-ulang untuk mengedukasi para konsumen hingga para konsumen mengenal produk kita.

 

4. Memudahkan Kinerja Agar Efisien dan Menghasilkan Kualitas yang Baik

Bisnis yang berkembang adalah bisnis yang melahirkan produk yang berkualitas. Produk yang berkualitas itu dinilai dari bahan bakunya, proses pengerjaannya serta finishing-nya.

Cara kerja yang efisien hanya dapat dilakukan jika kita memiliki spesialisasi usaha, karena dengan begitu kita akan terfokus dengan apa yang kita kerjakan. Cara kerja yang efisien inilah yang menjadi kunci untuk menghasilkan sebuah produk yang baik.

Banyak orang yang khawatir ketika dengan membuat produk unggulan akan membuat produk-produk lainnya tidak laku, padahal justru sebaliknya. Dengan membangun produk unggulan, spesialisasi akan laku keras karena hanya kita yang spesial di bidang tersebut.

Kunjungi juga webiste Campusdigital


Hubungi Kami