Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

3 tahun yang lalu


9 Tips Meningkatkan Brand Awareness

3 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Brand awareness adalah rasa familiar yang dimiliki seseorang atas suatu produk atau jasa. Rasa familiar ini bisa tentang apa saja. Entah itu nama brand, logo, tagline, dan hal lain yang berhubungan dengan brand.

Jika kalian masih belum paham, kita ambil contoh Aqua. Beberapa orang lebih familiar menyebutkan air mineral dengan nama Aqua. Padahal ada banyak merek air mineral lain seperti Le Minerale, Ades, Vit, dan lain-lain.

Kebanyakan orang melakukan pencarian di internet yang mereka sebut sebagai Googling. Padahal ada banyak mesin pencarian lainnya seperti Yahoo!, Bing, dan Ask.

Dalam digital marketing, brand awareness penting untuk lebih mengenalkan produk atau jasa kepada orang banyak agar lebih dikenal.

Baca juga: Mengoptimalkan Bisnis Dengan Digital Marketing

Berikut beberapa tips meningkatkan brand awareness:

1. Promosi mencoba layanan secara gratis

Promosi ini memungkinkan pengguna untuk mencoba layanan secara gratis. Selanjutnya, pengguna juga dapat melakukan upgrade atau membayar untuk mendapatkan fitur tambahan.

2. Kerjasama dengan brand lain

Cara ini memungkinkan Anda untuk memperkenalkan bisnis Anda ke calon pelanggan dari segmen pasar yang berbeda. Bisa saja Anda "bertukar" pelanggan dengan partner yang Anda ajak bekerjasama.

3. Program referral

Program referral prinsipnya mirip dengan promosi dari mulut ke mulut. Bedanya adalah promosi dari mulut ke mulut biasanya tidak memberikan insentif kepada pihak yang mempromosikan.

Program referral memberikan insentif ketika seseorang berhasil mengajak orang lain menggunakan produk tersebut. Jadi, program referral ini merupakan pengembangan dari promosi mulut ke mulut.

4. Review pelanggan

Review merupakan salah satu bukti bahwa seseorang telah menggunakan produk Anda. Review juga mempengaruhi keputusan seseorang dalam membeli suatu produk.

5. Infografik

Infografik merupakan cara menampilkan informasi yang menekankan bentuk visual. Infografik dianggap lebih menarik dari segi penampilan daripada menampilkan informasi hanya dalam bentuk teks.

6. Konten gratis

Membagikan konten gratis juga bisa menjadi salah satu opsi untuk meningkatkan brand awareness. Melalui konten Anda dapat membuat image brand yang tadinya kaku menjadi lebih cair. Entah itu berbagi cerita lucu, sedih, berbagi tips, dan lain sebagainya.

7. Kerjasama dengan influencer

Kerjasama dengan influencer baru-baru ini sedang populer seiring berkembangnya Instagram. Anda bisa bekerjasama dengan influencer untuk memasarkan brand Anda. Berbekal followers dari influencer memungkinkan Anda untuk mempromosikan brand kepada mereka.

8. Membuat iklan

Anda bisa juga membuat iklan yang memorable dengan memanfaatkan media seperti Instagram dan YouTube. Iklan yang unik memungkinkan orang lain jadi mengetahui brand Anda.

9. Sponsorship

Sponsorship merupakan cara umum untuk meningkatkan popularitas suatu brand. Tetapi tidak semua bisnis berani menyisihkan modalnya untuk memberikan sponsorship. Langkah ini sebenarnya dianggap strategis apabila brand memberikan sponsor ke suatu acara dan target yang tepat.

Demikian adalah 9 tips untuk meningkatkan brand awareness. Apapun bisnis yang Anda jalankan, semoga dapat membantu bisnis Anda. Anda dapat melihat tips lainnya di Campus Digital

Hubungi Kami