Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Jenis Jenis Sertifikasi BNSP

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

LSP adalah suatu lembaga yang berfungsi sebagai pelaksana kegiatan kompetensi untuk mendapatkan sertifikat resmi terlisensi dari BNSP. Skema sertifikasi profesi adalah persyaratan sertifikasi spesifik yang berhubungan dengan kategori profesi yang di tetapkan dengan menggunakan standar dan aturan khusus yang sama, serta prosedur yang sama. Sebelum mengikuti sertifikasi, yuk ketahui jenis jenis seritifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang sertifikasi bertujuan untuk memberikan lisensi pada lembaga sertifikasi yang ingin mengadakan sertifikasi dan pelatihan.

Tidak sedikit Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang sudah bisa menerbitkan sertifikat resmi dari BNSP. LSP berfungsi sebagai pelaksana kegiatan kompetensi untuk memperoleh sertifikat resmi berlisensi dari BNSP.

LSP mempunyai peran penting untuk meningkatkan kualitas personal atau kelompok dalam profesinya. Bagi lembaga yang ingin mengajukan tempatnya sebagai LSP, dapat mendaftarkan diri ke BNSP. Nantinya memperoleh nomor lisensi yang bisa di cantumkan di sertifikat.

Baca Juga: Cara Cek Sertifikasi BNSP

Jenis jenis Skema untuk Sertifikasi BNSP

1. Sertifikasi Profesi KKNI

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia adalah acuan yang dalam kemasan Standar Kompetensi Kerja Negara Indonesia. KKNI menjadi kerangka kompetensi jenjang kualifikasi yang bisa menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan berbagai bidang seperti bidang pendidikan, bidang pelatihan kerja, dan pengalaman kerja.

KKNI sebagai pengakuan koompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan yang terdiri dari 9 jenjang kualifikasi, mulai dari jenjang Kualifikasi Sertifikat ke I hingga Kualifikasi Sertifikat ke IX. Jenjang ini berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 2006 Tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional.

2. Sertifikasi Profesi Kualifikasi Okupasi Nasional

Sertifikasi untuk Okupasi Nasional merupakan sertifikasi yang berdasarkan suatu jabatan kerja pada sistem industri yang telah di tetapkan secara nasional dan seharusnya bisa berlanjut pada okupasi internasional. Skema Sertifikasi ini di tetapkan oleh Komite Skema yang di bentuk oleh otoritas kompeten sesuai bidangnya. Skema ini berisikan unit kompetensi berbagai level yang terdiri atas asosiasi profesi, asosiasi industri, dan otoritas kompeten. Sertifikasi ini juga bisa mempunyai level yang di sinergikan dengan KKNI yang sesuai.

3. Sertifikasi Profesi Paket (Cluster)

Sertifikasi Cluster dapat di katakan juga sebagai kelanjutan dari skema sertifikasi kualifikasi okupasi nasional. Skema jenis ini akan lebih menekankan pada kompetensi kerja di Industrinya yang lebih spesifik. Tetapi tetap memakai standar okupasi nasional.

Perusahaan juga bisa mengembangkan kualitas SDM dengan mengikuti kursus paket sertifikasi ini. Hal ini bertujuan agar pekerja pada perusahaannya memiliki kompetensi yang sesuai.

4. Sertifikasi Profesi Unit Kompetensi

Sertifikasi unit kompetensi di laksanakan oleh perusahaan itu sendiri sebagai standar kompetensi yang harus karyawannya miliki. Unit kompetensi bisa menyesuaikan dengan SKKNI yang sudah ada atau membuat sendiri sesuai kebutuhan perusahaan. Pelaksanaan ini biasanya bertujuan untuk menyeleksi atau meningkatkan kemampuan personal dari tiap karyawan.

5. Sertifikasi Profisiensi

Sertifikasi Profisiensi berbasis norm merupakan mengambil indikator yang kuat dari kriteria unjuk kerja yang di buat ujian. Tujuan dari skema sertifikasi ini yaitu untuk memelihara kompetensi karyawan yang telah kompeten dan telah mempunyai pengalaman dalam bidang tertentu dan meningkatkan kompetensi yang masih belum lulus. Skema ini biasanya di buat oleh Asosiasi Profesi untuk memelihara kompetensi yang di miliki anggotanya. Namun untuk memastikan kredibilitas dan kemampuannya maka harus berlisensi dari pihak BNSP.

Itu dia kelima jenis sertifikasi BNSP yang perlu Anda ketahui. Bila Anda ingin mendapat informasi menarik lainnya, Yuk kunjungi website Campus Digital!

Hubungi Kami