Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

3 tahun yang lalu


Marketing Mix, Kunci Keberhasilan Strategi Pemasaran

3 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Marketing Mix merupakan salah satu elemn penting dalam suatu bisnis. Istilah ini tidak asing digunakan oleh para pebisnis. Menurut Kotler, Marketing Mix adalah sekumpulan variabel variabel marketing, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan. Jadi, marketing mix ini adalah strategi pemaran yang terpadu dan dilakukan secara bersamaan. Hal ini tentu mempunyai manfaat yang besar bagi kelangsungan suatu bisnis. Strategi marketing yang baik akan mengarahkan calon customer untuk bisa membeli atau merasakan suatu produk yang kita tawarkan. Proses komunikasi seperti ini penting untuk dapat dikuasai oleh pebisnis. Marketing mix adalah salah satu teknik dalam strategi pemasaran yang sering dipakai untuk menyusun berbagai pola komunikasi pemasaran yang akan diterapkan dalam suatu bisnis. Dalam teorinya, marketing Mix sering indentik dengan Teknik 4P dan 7P, apa itu ? kita bahas yuk 

Baca juga Fungsi Digital Marketing Pada Kurikulum Sekolah


Teknik 4P :

1.   Product (Produk)

Secara teori, produk merupakan segala bentuk yang ditawarkan ke pasar untuk digunakan atau dikonsumsi sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar. Keinginan pasar tersebut bisa berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide. Produk adalah hasil dari kegiatan produksi perusahaan Anda yang nantinya akan di jual oleh perusahaan Anda juga. Atau Produk bisa jadi berupa barang yang dibeli oleh perusahaan Anda untuk kemudian dijual kembali kepada konsumen atau customer Anda. Produk atau jasa yang dihasilkan haruslah memiliki kualitas dan keunikan yang mampu meningkatkan daya saing produk atau jasa tersebut di pasaran.


2.   Price (Harga)

seseorang akan membeli barang kita jika pengorbanan yang dikeluarkan (yaitu uang dan waktu) sesuai dengan manfaat yang ia ingin dapatkan dari produksi barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda tersebut. Jika calon pembeli potensial Anda telah memiliki pemikiran bahwa ia merasa pengeluaran yang akan dikeluarkan tersebut sebanding dengan apa yang ia dapatkan, mereka akan segera datang ke toko Anda atau mengunjungi product page Anda di website (bagi Anda yang bergerak di bisnis e-commerce atau online shop). Mereka akan segera memesan produk atau jasa apapun yang Anda tawarkan pada mereka tersebut.


3.   Saluran Distribusi (Place)

tujuan dari distribusi adalah menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen pada waktu dan tempat yang tepat, maka kemudahan akses maupun ketersediaan produk pada outlet yang tepat juga harus diperhatikan oleh setiap perusahaan. Hal ini menjadi suatu hal yang penting dalam keberhasilan penerapan strategi marketing.


4.   Promotion (Promosi)

Promosi adalah sebuah upaya persuasi (bujukan atau dorongan) untuk mengajak para konsumen maupun calon konsumen untuk membeli (atau menggunakan) produk maupun jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.


Teknik 7P


Teknik 7P adalah pengembangan dari marketing mix teknik 4P :

5.   People (SDM)

Faktor sumber daya manusia adalah suatu hal yang penting dalam keberlangsungan bisnis. Banyak yang bilang SDM adalah jantung dari suatu bisnis. Faktor SDM ini berperan penting dalam membuat suatu kemajuan atau bahkan kemunduran suatu bisnis. Maka tak heran banyak perusahaan yang kemudian berlomba-lomba untuk dapat merekrut kandidat-kandidat terbaik untuk dapat bergabung di perusahaan. SDM ini adalah asset yang harus dijaga oleh perusahaan. Karena hal ini akan dapat meningkatkan loyalitas dan mampu menjadikan perusahaan menjadi perusahaan yang kokoh dan memberikan citra baik di masyarakat.


6.   Process (Proses)

Proses yang dimaksud adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang saling terkait yang kemudian bersama-sama mengubah masukan menjadi keluaran. Selain itu, ada satu elemen penting dalam pengembangan bisnis Anda yang tak kalah penting, yaitu pembuatan SOP yang jelas bagi sistem kerja di perusahaan Anda dan Anda perlu mengkomunikasikannya dengan baik pada seluruh pegawai Anda agar mereka dapat melaksanakan seluruh SOP-nya dengan baik tanpa kendala.


7.   Packaging (Kemasan)

Unsur yang tak kalah penting dalam marketing mix adalah packaging. Orang membentuk kesan pertama mereka tentang anda dalam 30 detik pertama melihat anda. Tampilkan yang terbaik, menarik bagi konsumen anda. Perbaikan dan perubahan kemasan yang anda tampilkan akan menyebabkan rekasi yang sama sekali berbeda dari konsumen atai pelanggan anda.

Bagaimana ? sudah sejauh mana strategi marketing yang anda terapkan selama ini dapat berjalan sesuai ekspektasi anda ? Yuk kupas tuntas semua permasalahan bisnis anda dengan bergabungdi di Campus Digital.

Semangat :)


Hubungi Kami