Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

2 tahun yang lalu


Mengubah Hobi Menjadi Bisnis, Mengapa Tidak?

2 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Pada dasarnya setiap orang memiliki hobi tersendiri untuk mengisi waktu di sela-sela kesibukannya dalam beraktifitas. Bahkan sebagian orang memiliki hobi yang antimainstream yang lain daripada orang pada umumnya. Saat kita melakukan hobi yang kita sukai, kita merasakan kesenangan tersendiri yang tidak didapatkan saat melaksanakan aktifitas yang lainnya. Masing-masing hobi memiliki keunikannya tersendiri yang berbeda satu sama lain. Biasanya ada komunitas-komunitas yang menjadi wadah bagi orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Misal hobi kamu suka hewan reptile, maka akan ada komunitas pecinta reptile dan sebagainya.

Selain memberikan kesenangan tersendiri, ternyata hobi bisa menghasilkan profit untuk penghasilan kita lho. Disadari atau tidak, jika kamu bisa mengelola hobimu dengan benar maka ia akan mendatangkan profit penghasilan dan menjadi bisnis menjanjikan yang bisa kamu jalankan. Peluang hobi untuk dijadikan bisnis itu sangat besar. Namun, banyak orang yang bingung bagaimana memulai sebuah hobi untuk dijadikan sebagai bisnis yang bisa dijalani. Oleh karena itu ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengubah hobimu menjadi bisnis, antara lain :

1. Tentukan hobi yang anda sukai dan terpenting memiliki nilai jual

Tujuan anda menjadikan hobi sebagai bisnis tentu mendapatkan profit dari bisnis yang akan dijalani. Dalam hal ini anda harus mempertimbangkan apakah hobi anda memiliki nilai jual atau tidak. Tentu tidak lucu bukan saat anda menginginkan hobi dijadikan bisnis namun tidak mengerti nilai jual dari hobi yang akan anda lakukan itu. Misal, hobi anda memelihara hewan reptile sebagai hewan peliharaan. Tentu disini anda mesti tahu apa makanan yang dibutuhkan, vitamin suplemen sampai obat bila hewan reptile anda sakit seperti apa. Nah ketika anda tahu maka anda bisa memulai dari hal tersebut. Simple bukan?

2. Ajarkan hobi anda

Selain anda bisa melihat sisi nilai jual dari hobi yang anda sukai. Anda bisa juga melihat dari sisi jasa yang ditawarkan dalam bentuk kelas pengajaran. Ini merupakan cara termudah untuk menjadikan hobi anda sebagai pundi-pundi uang yang bisa dihasilkan. Missal anda suka bermain musik, maka anda bisa membuka kelas music yang bisa ditawarkan kepada banyak orang entah untuk anak-anak atau sampai orang dewasa.

Baca Juga Cara Membuat Akun Bisnis Manager di Facebook

3. Tentukan Target Pasar

Goal dari bisnis adalah mendapatkan profit. Profit didapatkan apabila kita mampu menjual produk/jasa yang ditawarkan. Kebanyakan para pelaku usaha mampu membuat produk/jasa namun kesulitan dalam memasarkannya. Maka daripada itu anda mesti menentukan target pasar dari produk/jasa yang anda tawarkan. Lakukanlah survey dan evaluasi saat memulai memasarkannya sehingga bisa menentukan dimana lokasi yang tepat untuk menjual produk/jasa yang anda tawarkan.

4. Ciptakan Brand

Untuk lebih mengenalkan bisnis anda ke banyak orang, anda bisa memanfaatkan sarana media sosial untuk menciptakan brand dari produk/jasa yang anda tawarkan. Dengan melakukan branding, Anda memberikan kesan yang disebut dengan brand image. Anda bisa mengarahkan kesan yang akan diterima oleh konsumen, tapi Anda tidak bisa memastikan kesan yang akan muncul dan melekat di benak konsumen. Sebab, brand image lahir dari penilaian subyektif konsumen berdasarkan aktivitas branding yang Anda lakukan.

5. Gabung dengan komunitas

Jika kita berbicara dengan hobi maka ia tidak akan jauh dari namanya komunitas komunitas dari hobi yang sama. Didalam komunitas biasanaya terjadi pertukaran informasi, sharing terkait dengan hobi yang disukai, alat pendukung, apa saja yang dibeli dan dimana saja bisa kita membeli penunjang dari hobi tersebut. Nah untuk menunjang bisnis dari hobi ini, anda bisabergabung dengan komunitas-komunitas untuk membangun hubungan baik personal maupun kearah bisnis. Sehingga pasar dari produk anda bisa tepat sasaran. 

Bergabunglah dengan dengan kami di Campus Digital untuk mengasah keterampilan anda demi masa depan yang lebih baik.

Hubungi Kami