Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

3 tahun yang lalu


#mining #data

Pentingnya Data Mining Untuk Menganalisa Perilaku Konsumen

3 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Data mining salah satu cara yang dapat digunakan untuk menggali potensi dan pendukung keputusan dari suatu data informasi yang telah diperoleh. Pengelolaan data konsumen sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen terhadap produk yang kita tawarkan. Dengan data yang sudah dipetakan dan diolah, kita dapat membuat keputusan yang sesuai untuk meningkatkan maupun menarik konsumen.

Data konsumen yang penting untuk disimpan seperti data pribadi (nama konsumen, alamat konsumen, nomor kontak konsumen) dan transaksi konsumen (pembelian, pembelian berlanjut, waktu pembelian, produk yang dibeli, testimoni, keluhan). Hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan data konsumen adalah sebagai berikut :

Pengumpulan Data dan Proses Identifikasi Data

Hal pertama yang dilakukan adalah pengumpulan data, setelah data terkumpul identifikasi data dan bedakan data-data berdasarkan klasifikasinya.

Baca juga 5 Teknik Memikat Pembeli

Pembuatan Model Analisa dan Validasi Data

Setelah data-data tersebut masuk ke klasifikasi masing-masing, buatlah model analisa yang sesuai dengan permasalahan produk. Input data kedalam model analisa yang dibuat untuk mengetahui hasil dari data yang sudah dianalisa.

Mengaplikasikan Hasil Analisa Data ke dalam proses pengambilan keputusan serta Langkah untuk Mengelola Hasil dari Keputusan Tersebut

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah proses pengambilan keputusan dari hasil analisa data yang sudah diperoleh dan langkah-langkah yang tepat untuk membuat evaluasi dari hasil pengambilan keputusan yang sudah dibuat.

Nah, jadi sangat penting bukan pengelolaan data dari konsumen kita tersebut. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu menyimpan data-data konsumen dengan baik.

Pelajari artikel lainya DISINI

Hubungi Kami