Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

3 tahun yang lalu


#petani

Petani Milenial Potensi Usaha di Era Pandemi Covid-19

3 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Pandemi covid menyebabkan banyak sektor usaha yang mengalami kemunduran cukup drastis. Termasuk dalam sektor perdagangan. Hal ini bisa saja menyebabkan terjadinya kelangkaan barang-barang kebutuhan sehari-hari terutama sayur. Namun kita bisa memanfaatkan teknologi hidroponik sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan terhadap sayuran.

Baca juga Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19


Sudah banyak cara untuk membangun instalasi hidroponik dengan mudah, apalagi bibit sayuran yang mudah didapatkan baik lewat toko online maupun toko offline. Hidroponik tak menuntut harus memiliki pekarangan yang luas, di pekarangan rumah yang terbatas pun bisa diimplementasikan hidroponik ini. Tentunya selain bisa dipanen untuk memenuhi kebutuhan akan sayur, juga bisa dijual kembali ke tetangga sekitar bahkan via toko online.

Jenis Bibit Sayuran Yang Bisa Ditanam


Bayangkan saja, kita ingin sayur ini itu, tidak perlu untuk pergi ke luar rumah, tinggal petik saja sayuran dari pekarangan jauh lebih sehat dan lebih fresh. Nah apa saja sih jenis bibit sayuran yang bisa ditanam ? berikut jenisnya :

  1. Sawi
  2. Seledri
  3. Bayam
  4. Kangkong
  5. Pakcoy
  6. Cabai
  7. Tomat
  8. Selada
  9. Timun


Dan masih banyak lagi tanaman yang bisa dibuat hidroponik. Biasanya untuk sayuran yang dijual kembali bisa dipacking dengan Styrofoam kemudian ditutup dengan plastis. Dengan itu bisa dengan mudah untuk dijual via online, yang mana pemasaran lewat online merupakan media efektif untuk berdagang.

Pelajari Artikel Lainnya DISINI

Hubungi Kami