Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

4 tahun yang lalu


#advocacy #digitalmarketing

Strategi Brand Advocacy Marketing

4 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Biaya untuk marketing merupakan salah satu post biaya pengeluaran paling besar dalam menjalankan sebuah bisnis. Sebagai ujung tombak perusahaan, marketing memiliki peran yang penting dalam bisnis yang dijalani. Untuk menyiasati agar biaya marketing bisa lebih efektif dan efisien dengan biaya yang bisa ditekan perlu dibuat strategi marketing yang tepat oleh para pelaku bisnis.

Strategi marketing yang paling terjangkau yakni dengan menggunakan konsumen itu sendiri dalam menawarkan produk ataupun jasa yang anda gunakan. Loh kok bisa konsumen malah yang merekomendasikan produk yang kita buat? Jadi begini, anda pernah mendapatkan sebuah pengalaman memakai suatu produk dan anda sangat puas dan tanpa anda sadari anda mempengaruhi orang-orang sekitar anda untuk bisa menggunakan produk tersbut? Nah itu lah yang dimaksud dengan brand advocacy marketing. Jadi bisa disebutkan bahwa Brand Advocacy Marketing merupakan strategi marketing yang mana konsumen sendiri lah yang tanpa disadari merekomendasikan produk tersebut kepada orang disekitarnya. Lalu bagaimana melakukan brand advocacy marketing? Berikut strategi Brand Advocacy Marketing yang bisa anda lakukan :

Memiliki value yang unik atau antimainstream

Sesuatu yang unik ataupun berbeda dengan yang lain akan selalu menarik perhatian dari banyak orang. “unik” disini dalam artian sesuatu yang positif, memberikan alternatif yang belum ada sebelumnya maupun solusi dari kebutuhan konsumen yang selama ini dicari. Fyi,semua produk yang sukses dipasaran juga berawal dari tidak dikenal dahulu, dan mulai dikenal saat produk tersebut memiliki value yang tak dimiliki oleh para kompetitornya. Jadi ciptakan value yang unik dari produk ataupun jasa yang akan anda tawarkan kepada konsumen, agar bisa mendongkrak daya tarik dari para konsumen. 

Baca juga Konten Digital Marketing : Jenis Beserta Manfaatnya

Konsisten baik dalam kualitas produk maupun pelayanan

Untuk mencapai suatu keberhasilan dari hasil yang kita inginkan, konsistensi merupakan kunci yang harus diperhatikan oleh setiap orang termasuk dalam melakukan strategi Brand Advocacy Marketing. Disini anda mesti memperhatikan setiap detail dari kualitas produk maupun jasa yang anda tawarkan. Menjaga kualitas produk akan membuat konsumen merasakan pengalaman kepuasan dan meningkatkan loyalitas mereka kepada kita. Dan tidak lupa juga memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen, agar menjaga hubungan baik dengan para konsumen yang dimiliki. Dengan mendapatkan pengalaman kepuasan akan produk dan pelayanan membuat konsumen tanpa disadari akan merekomendasikan produk kita kepada orang disekitar mereka.

Memenuhi ekspektasi dari konsumen

Saat konsumen membeli dan menggunakan suatu produk mereka berekspektasi bahwa produk tersebut sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Apabila sesuai dengan ekspektasi mereka maka mereka akan dengan sendirinya membeli dan merekomendasikan produk yang digunakan. Namun, bila terjadi sebaliknya maka mereka tidak akan lagi menggunakan produk anda atau bahkan memprofokasi sekitarnya agar tidak membeli produk anda, oleh karena itu perlu untuk memperhatikan ekspektasi dari para konsumen.

Kunjungi Campus Digital untuk informasi lainnya.

Hubungi Kami